Cari Blog Ini

Derajat Atau Tingkatan Orang Yang Berpuasa


Derajat atau tingkatan orang yang bepuasa itu ada 3 (tiga):
Pertama Puasanya orang awam (عوام) hanya meninggalkan makan, minum, jima' dan sesuatu yang membatalkan puasa disiang hari.

Kedua Puasanya Orang Khowas (خواص) /Sholih (صالح) disamping meninggalkan makan, minum, jima' dan yang membatalkan puasa, turut juga menjaga seluruh anggota tubuh yang lainnya, jangan sampai melakukan dosa, seperti Mata dijaga jangan sampai melihat sesuatu yang haram. Mulut dijaga jangan sampai membicarakan aib orang lain (غيبة), mengadu domba (نميمة). Telinga dijaga jangan sampai mendengar dan mempercayai berita yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya (ghosip/hoak). Perut dijaga dari sesuatu yang haram, berbuka dengan makanan halal dan secukupnya, sebagaimana hadits Nabi 

قال النبى صلى الله عليه وسلم اذا صمت فليصم سمعك وبصرك ولسانك عن الكذب والمحارم ودع اذى الجار.

Nabi SAW bersabda jika kamu berpuasa maka berpuasalah telingamu, matamu dan lisanmu dari berbohong, melihat sesuatu yang diharamkan dan menyakiti tetangga. 

Ketiga Puasanya orang khowasul khowas (خواص الخواص) atau (صديقين) disamping meninggalkan perkara-perkara yang telah disebutkan sebelumnya, turut juga mengajak pikirannya ikut puasa yaitu meninggalkan pikiran yang hina tentang keduniaan, segala sesuatu ditinggal selama berpuasa hanya fokus beribadah kepada Allah SWT.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Derajat Atau Tingkatan Orang Yang Berpuasa"

Posting Komentar