Search This Blog

Berpuasalah Maka Kamu Akan Sehat


Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda
 صُومُوا تَصِحُّوا 
Artinya : “Berpuasalah, maka engkau akan sehat”.
Hadits ini memang lemah sanadnya, sebagaimana dijelaskan oleh Asy-Syaikh Al-Albaaniy dalam Silsilah Adl-Dla’iifah 1/420-421 no. 253. Meskipun demikian, shahih maknanya sebagaimana dijelaskan oleh Al-Munawiy rahimahullah:

صوموا تصحوا  فإن الصوم غذاء للقلب كما يغذي الطعام الجسم,  ففيه صحة للبدن والعقل. ابن السني وأبو نعيم في الطب  
النبوي  عن عائشة وإسناده ضعيف

Artinya: “Berpuasalah maka engkau akan sehat" hal itu dikarenakan puasa merupakan santapan hati sebagaimana makanan santapan bagi tubuh. Puasa dapat menyehatkan badan dan akal. "Diriwayatkan oleh Ibnus-Sunniy dan Abu Nu’aim dalam Ath-Thibbun-Nabawiy dari ‘Aaisyah, dan sanadnya lemah” [At-Taisiir bi-Syarh Al-Jaami’ish-Shaghiir, 2/187].

Oleh karena itu, jangan heran ketika jam  12.00 s/d 18.00 tubuh kita akan terasa lemas. Karena pada saat inilah dimulai suatu proses yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Proses ini dikenal dengan istilah autolisis.  Autolisis adalah proses pembuangan sel-sel yang mati atau rusak di dalam tubuh kita.

Kalau kita sedang tidak puasa, organ pencernaan tubuh kita hampir tidak pernah berhenti bekerja karena setiap kita makan, butuh waktu kurang lebih 8 (delapan) jam organ pencernaan kita bekerja. Misalnya jam 07.00 kita sarapan pagi, maka jam 15.00 organ tubuh kita baru selesai bekerja, belum selesai organ pencernaan tubuh kita bekerja, jam 12.00 siang kita sudah makan lagi. Dari jam 12.00 harusnya selesai jam 20.00, tapi jam 19.00 kita makan malam, Belum lagi ketika jam 23.00  mindow atau ngemil dengan makan mie tektek atau nasi goreng.

Seandainya saja tubuh kita bisa mengadu, mungkin dia akan bilang. Saya istirahat saja capek. Lain ketika kita puasa, sahur jam 04.00 organ pencernaan tubuh kita bekerja sampai jam 12.00,  sedangkan antara jam 12.00 s/d jam 18.00 organ tubuh kita sedang istirahat tidak bekerja. Kurang lebih selama 6 (enam) jam. Saat istirahat inilah organ tubuh kita mengadakan autolisis. Inilah yang menjadi alasan kalau puasa itu sehat, bahkan bisa mengobati berbagai penyakit. Misalnya maag, diabet, ginjal, bahkan kanker. Makin banyak puasa makin bersih tubuh kita dari lemak jahat dan otomatis makin sehat kita. Maka beruntunglah kita diperintahkan diwajibkan puasa.

Beberapa penelitian dari para pakar kesehatan telah menemukan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut:
  1. Mengatur keseimbangan anabolisme dan katabolisme
  2. Tidak akan mengakibatkan pengasaman dalam darah.
  3. Penurunan glukosa dan berat badan
  4. Bermanfaat bagi jantung
  5. Memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerja sel
  6. Sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin
  7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  8. Penurunan berbagai hormon salah satu rahasia hidup jangka panjang
  9. Bermanfaat dalam pembentukan sperma
  10. Bermanfaat untuk penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis
  11. Memperbaiki hormon testoteron dan performa seksual
  12. Memperbaiki kondisi mental secara bermakna
  13. Peningkatan komunikasi psikososial baik dengan Allah dan sesama manusia
  14. Berbagai peningkatan ibadah secara langsung akan meningkatkan hubungan dengan sang pencipta dan sesamanya ini akan membuat jiwa lebih aman, teduh, senang, gembira, puas serta bahagia.
  15. Menurunkan adrenalin.
Demikianlah manfaat puasa bagi kesehatan. Allah SWT, tidak akan mensyari’atkan sesuatu kepada manusia yang memberikan mudlarat bagi mereka. Syari’at Allah SWT tentunya membawa  kemaslahatan bagi manusia baik di dunia maupun di akhirat.

Seandainya kita belum mampu menyingkap lebih banyak manfaat puasa bagi kesehatan, cukuplah bagi kita firman Allah dalam Alqur'an  QS. Al-Baqoroh : 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” [QS. Al-Baqarah : 183].

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berpuasalah Maka Kamu Akan Sehat "

Post a Comment