Cari Blog Ini

Zakat Fitrah


Zakat Fitrah

قال النبى صلى الله عليه وسلم صوم شهررمضان معلق بين السماء والأرض ولايرفع إلا بزكاة الفطر
Nabi SAW bersabda pahala puasa ramadan digantungkan (melayang-layang) antara langit dan bumi dan tidak akan bisa naik (diterima oleh Allah secara sempurna) kecuali sudah dikeluarkan zakat fitrahnya.

 عن ابن عباس رضى الله عنه قال : فرض رسول الله صلى الله عليه وسلم صدقة الفطر طهرة للصائم من اللغو والرفث طعمةللمساكين فمن ادها قبل الصلاة فهي زكاة مقبولة، ومن ادها بعد الصلاة فهى صدقة من الصدقة. روه ابو داود وابن ماجة وغيرهما
Ibnu Abbas ra berkata: Rosululloh SAW mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan jiwa orang-orang yang berpuasa dari gurauan dan ucapan-2 yang tidak baik dan untuk memberi makan orang-2 miskin. Oleh karena itu barang siapa mengeluarkan zakat fitrah sebelum dilaksanakan sholat idul fitri, yang demikian itu termasuk zakat fitrah yang diterima oleh Allah SWT.  Dan barang siapa mengeluarkan zakat fitrah setelah sholat idul fitri maka sesungguhnya itu hanyalah shodaqoh biasa seperti shodaqoh yang lainnya (makruh hukumnya).

عن ابن عمر رضى الله عنه قال: فرض رسو ل الله صلى الله عليه وسلم زكاة الفطر صاعا من تمر او صاعامن شعير على العبد والحروالذكر والأنثى والصغيروالكبير من المسلمين وامر بها ان تؤدى قبل خروج الناس إلى الصلاة

Sahabat Ibnu Umar ra berkata: Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah *satu sho'* kurma atau gandum (makanan pokok/قوت بلده) atas hamba sahaya, orang merdeka, orang laki-2, orang perempuan, anak-2, orang dewasa dari golongan orang islam agar mengeluarkan zakat fitrah sebelum pelaksanaan sholat idul fitri.

Nabi Muhammad SAW menerima perintah kewajiban zakat fitrah yaitu pada tahun kedua setelah hijrah tepatnya pada bulan ramadan dua hari sebelum Idul Fitri.

Zakat Fitrah diwajibkan atas semua orang islam baik laki-laki, perempuan, budak, merdeka, kecil, besar, muda dan tua yang memenuhi tiga perkara yaitu:

  • Pertama Orang islam.
  • Kedua  Menangi atau Merasakan hidup saat ramadan dan syawal ditahun tersebut walaupun cuma sebentar.
  • Ketiga Mempunyai kelebihan rejeki untuk persediaan seluruh anggota keluarganya (yang menjadi tanggungannya) sehari semalam idul fitri.

Zakat fitrah harus berupa makanan pokok قوت بلده ( beras untuk penduduk Indonesia) setiap orang 2,5 kg, tidak boleh dikeluarkan pakai uang, boleh pakai uang tapi harus dibelikan beras terlebih dahulu (tempurno).

Waktu utama untuk mengeluarkan zakat fitrah mulai terbenamnya matahari dihari terakhir bulan ramadan sampai terbitnya matahari dihari raya idul fitri sebelum sholat idul fitri dan bisa dita'jil  تعجيل  (mengeluarkan zakat fitrah lebih awal yang bisa dimulai dihari pertama bulan ramadan).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Zakat Fitrah "

Posting Komentar