Search This Blog

Tahniah


Tahniah (تهنئة)

Secara terminologi Tahniah yaitu bentuk ucapan selamat atas tercapainya sesuatu atau sebagai ungkapan turut berbahagia karena suatu keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang (saudara atau teman). Zaman dulu Tahniah dikhususkan untuk menyambut seseorang sepulang dari ibadah haji dan umroh.

Dalam pembahasan kali ini, Tahniah yang dimaksud adalah yang berhubungan dengan pelajaran tentang puasa (رسالة الصيام) sebagaimana yang diungkapkan oleh Syaikh Syarqowi:

قال الشيخ الشرقاوي: والتهنئة بالعيد سنة ويدخل وقتها فى الفطر بغروب الشمس وفى الأضحى بصبح عرفة كالتكبير وكذا بالعام وبالشهر مع مصافحة الرجلين لبعضهما والمرأتين كذلك، وتحرم مصافحة الرجل للمرأة الأجنبية بغير حائل
Syaikh Syarqowi berkata tahniah sebagai ungkapan rasa syukur dan do'a atas kembalinya kebahagiaan karena bertemu dengan idul fitri /عيد الفطر kembali. Dengan menyediakan hidangan berupa berbagai jenis makanan dan kue lezat disetiap hari raya baik idul fitri maupun idul adha yang berhukum sunnah. Adapun waktu pelaksanaan tahniah untuk hari raya idul fitri dimulai dari terbenamnya matahari diakhir bulan ramadan. Sedangkan untuk hari raya idul adha mulai dari subuh dihari arofah (9 Zulhijjah), diisi takbiran (takbir tahlil dan tahmid) dengan bersalaman (مصافحة) antara laki-laki sesama laki-laki begitu juga perempuan, haram hukumnya bersalaman antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim (اجنبية) bila tanpa hijab atau satir (بغير حائل).

Sudah menjadi tradisi kaum muslimin khususnya kaum muslimin di Indonesia dan lebih khusus lagi di Pulau Jawa, ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan itu dimulai dengan membersihkan rumah bahkan bila memungkinkan sampai mengecat ulang rumahnya. Sebagaimana hadits Nabi 

تنضفوا بكل ما استطعتم فإن الله تعالى بنى الدين على النظافة
Bersihkanlah diri kamu sekalian dengan segenap apa yang kamu bisa, maka sesungguhnya Allah telah mendasarkan agama islam dengan kebersihan. Begitu juga pada hadits yang lainnya:

النظافة من الإيمان
Kebersihan itu sebagian dari iman.
Disamping dengan bersih-bersih rumah, umat islam juga menyambut dan mengisinya dengan menyediakan berbagai jenis hidangan lezat, yang tidak seperti hari-hari biasanya misal ayam goreng, opor ayam, rendang ayam, rica-rica ayam, bistik daging, bandeng, rendang daging, telur bacem dan berbagai macam hidangan lezat yang lain. Disesuaikan dengan selera dan kemampuan pribadi masing-masing. Yang mana keistimewaan hidangan dihari itu tidak seperti biasanya, yang hanya cukup dengan sambal teri, gereh/pedo (ikan asin), pindang, krupuk, tempe, tahu dan lain-lain.

Disamping hidangan lezat disediakan juga berbagai kue lezat sepeti wafer holanda, monde serena, good time, serena legend, gery butter cookies, wafer majorico, genji. Dan berbagai kue lezat buatan sendiri seperti krecek, rempeyek, onde-onde ceplis, pastel, madu wongso, krupuk tempe, bawang, tengiri, criping telo, mlinjo dan berbagai jenis kue yang lainnya.

Disamping hidangan dan kue lezat disediakan juga dihari raya itu berbagai jenis minuman segar seperti: syrup marjan, syrup ABC, syrup mangga, fanta, coca cola, es teh dan berbagai minuman segar yang lainnya.

Yang mana kesemuannya itu untuk menyambut teman atau saudara yang datang berkunjung (زيارة), sebagai ungkapan rasa syukur dan bahagia karena telah selesai menjalankan ibadah puasa ramadan (صيام رمضان) selama satu bulan penuh. Serta didasari niat menghormati tamu sebagaimana hadits Nabi:

من كان يؤمن بالله واليوم الأخر فليكرم ضيفه
Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir maka hormatilah tamunya.

Do'a menyambut kebahagiaan di hari yang fitri

تقبل الله منا ومنكم واعاده الله عليكم بخير. وجعلنا الله واياكم من العائدين والفائزين كل عام انا وانتم بخير 
Semoga Allah menerima ibadah kami dan ibadah kamu sekalian serta membalasnya dengan kebaikan.
Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu sekalian termasuk orang-orang yang kembali fitrah dan berbahagia (karena telah berpuasa romadan dan bermushofahah/bermaaf-maafan satu sama lain) dan semoga setiap tahunnya kami dan kamu sekalian dalam kebaikan.

Selamat Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir & Batin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahniah"

Post a Comment