Cari Blog Ini

Risalah Puasa

Risalah Puasa
Risalah adalah karangan ringkas mengenai suatu masalah dalam ilmu agama atau pengetahuan; sedangkan Puasa atau Saum adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu.

Rahasia Diterimanya Do'a

ما من دعاء الا بينه وبين السماء حجاب. حتى يصلى على النبي عليه الصلاة والسلام. فإذا صلى عليه يخرق ذلك الحجاب ويدخل الدعاء واذالم يفعل ذلك رجع دعاؤه.
Artinya : tiada do'a kecuali antara do'a dan langit terdapat suatu hijab (yang menjadi penghalang atau satir), sehingga dibacakan sholawat atas nabi, maka robeklah hijab itu dan masuklah do'a itu, apabila tidak dilakukan demikian maka kembalilah do'a itu.

Yang Merusak Pahala Puasa

خمسة اشياء تحبط الصوم الكذب والغيبة والنميمة واليمين الغموس والنظر بشهوة
lima perkara yang bisa memusnahkan pahala puasa berbohong, membicarakan aib orang lain (krasani wong), adu-adu (menciptakan permusuhan satu sama lain), sumpah palsu, melihat lain jenis dengan syahwat.

Keutamaan Ibadah Puasa

كل عمل ابن ادم له إلاالصوم فإنه لى وأنا أجزى به
Semua amal/ibadah anak adam untuk dirinya sendiri kecuali puasa, maka sesungguhnya puasa itu untukKu (Allah) dan Aku sendiri yang akan membalas pahalanya.

Dua Cahaya Untuk Dua Kegelapan

اني اعطيت امة محمد نورين كيلا يضرهم ظلمتان فقال موسى مالنوران يا رب؟ فقال الله تعالى، نور رمضان ونور القرأن. فقال موس: وما الظلمتان يارب؟ قال الله تعالى : ظلمة القبر وظلمة يوم القيامة.
Sesungguhnya Aku telah memberi Umat Muhammad dua cahaya, agar supaya mereka tidak ditimpa oleh dua kegelapan. Nabi Musa bertanya: Apa dua cahaya itu wahai tuhanku? Allah menjawab dua cahaya itu adalah "cahaya bulan Ramadan dan Al Qur'an". Lalu Nabi Musa bertanya lagi: Apa dua kegelapan itu wahai tuhanku? Allah menjawab: "kegelapan kubur dan hari kiyamat".

Empat Golongan Yang Dirindukan Surga

الجنة مشتاقة إلى أربعة نفر : تالى القرأن وحافظ اللسان ومطعم الجيعان والصائمين في شهر رمضان
Surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu mereka yang membaca Al Qur'an, yang menjaga lesannya, yang mau memberi makan kepada orang yang lapar dan mereka yang berpuasa dibulan ramadan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Risalah Puasa "

Posting Komentar