Search This Blog

Perkara-perkara Yang Bisa Membatalkan Puasa


Perkara-perkara yang bisa membatalkan puasa diantaranya:
  1. Masuknya barang 'ain (terlihat dan dapat diraba) kedalam lima lubang (telinga, hidung, mulut, qubul dan dubur).
  2. Muntah dengan disengaja.
  3. Jima' (hubungan badan suami istri).
  4. Keluarnya sperma karena digosok-gosok (onani/masturbasi).
  5. Haid atau Menstruasi, dikenal juga dengan istilah datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.
  6. Nifas Nifas adalah darah yang keluar dari rahim yang disebabkan melahirkan atau setelah melahirkan. Darah nifas keluar selama 40 hari setelah melahirkan. Selama masa nifas, seorang perempuan dilarang untuk salat, puasa, dan berhubungan intim dengan suaminya.
  7. Gila adalah istilah umum untuk manusia yang mengalami gangguan jiwa terlewat parah. Secara historis, konsep ini telah digunakan dalam berbagai cara. Di lingkungan dunia lebih sering digunakan istilah gangguan jiwa.
  8. Murtad keluar dari agama islamMurtad adalah sikap mengganti atau meninggalkan suatu agama yang dilakukan oleh seseorang, sehingga ia menjadi ingkar terhadap agama yang diyakini sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkara-perkara Yang Bisa Membatalkan Puasa"

Post a Comment