Cari Blog Ini

Nuzulul Qur'an


Nuzulul Qur'an

قال الله تعالى شهر رمضان الذى انزل فيه القرأن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان. البقرة: ١٨٥

Bulan ramadan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).

Untuk kapan diturunkannya Alqur'an? dalam hal ini para Ulama' berbeda pendapat (اختلاف).
Diantaranya pendapat dari Imam Ibnu Ishaq bahwasannya Al Qur'an diturunkan pada tanggal 17 ramadan tahun ke 41 dari kelahiran Nabi Muhammad sebagaimana firman Allah:

إن كنتم أمنتم بالله وما أنزلنا على عبدنا يوم الفرقان يوم التقى الجمعان. الأنفال: ٤١
Jika kamu semua beriman kepada Allah dan terhadap apa yang telah kami turunkan (Al Qur'an) kepada hamba kami (Nabi Muhammad) pada hari furqon (yaitu hari bertemunya dua golongan muslimin dan musrikin pada saat perang badar 17 ramadan).

Imam Thobari menerangkan yang sanadnya langsung dari syaidina Hasan ibnu Ali karromAllahu wajhahu.

قال كانت ليلة الفرقان يوم التقى الجمعان لسبع عشرة من شهر رمضان.

Menurut syaidina Hasan malamnya furqon (ليلة الفرقان) malam turunnya Al Qur'an adalah hari bertempurnya pasukan muslimin dan musrikin dalam perang badar yaitu pada tanggal 17 ramadan tahun yang kedua setelah hijrah.

Adapun wahyu yang pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad ketika di Gua Hiro' tanggal 17 ramadan yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5

إقرأ باسم ربك الذى خلق، خلق الإنسان من علق، إقرأ وربك الأكرم، الذى علم بالقلم، علم الإنسان مالم يعلم. العلق : ١-٥

Berdasarkan ayat diatas, yang paling utama dan diutamakan didalam islam adalah pendidikan dan pengajaran, menanamkan semangat mencari ilmu dengan didasari cinta membaca dan menulis. Karena didalam islam semuanya didasari dengan ilmu, ibadah yang tidak didasari ilmu hasilnya nihil (0). Begitulah islam menempatkan ilmu pengetahuan pada posisi yang paling utama,
terutama ilmu dinniyah atau keagamaan yang mana menuntutnya berhukum fardlu 'ain bagi setiap muslimin maupun muslimat dari buaian ketika masih bayi sampai masuk liang lahat (kubur).

Alqur'an diturunkan secara beransur - ansur (sedikit demi sedikit) sesuai dengan kebutuhan Nabi Muhammad untuk dibacakan kepada manusia, ketika menghadapi masalah pada suatu waktu.

Ayat Al Qur'an yang diturunkan paling akhir adalah Al Maidah : 3

اليوم اكملت لكم دينكم واتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام دينا. المائدة :٣

Pada hari ini telah aku sempurnakan agamamu untukmu dan telah aku cukupkan nikmatku bagimu dan telah aku ridhoi islam sebagai agamamu. (Al Maidah : 3).

Dan waktu untuk menurunkan Al Qur'an dari awal sampai akhir adalah 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nuzulul Qur'an"

Posting Komentar