Search This Blog

Hikmah Puasa


Hikmah Puasa

Diantara hikmah puasa adalah sebagai berikut:

Pertama Supaya terlahir dalam jiwa kita rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama, saudara, kerabat atau tetangga kita yang kondisi ekonominya fakir dan miskin.

لما شرع الصيام؟ قال ليدوق الغني طعم الجوع فلا ينس الجائع
Apa hikmah syariat islam mewajibkan puasa? jawab orang kaya yang telah merasakan pedihnya lapar (karena berpuasa). Maka, dia tidak akan lupa terhadap mereka orang-orang yang benar-benar lapar (fakir dan miskin).

Kedua Akan menjadikan penglihatan kita bersih (tajam) dan otak atau pikiran kita meningkat berlipat-lipat kecerdasannya, sebagaimana nasehat sang bijak yang telah diabadikan namanya dalam Al Quran Lukman Al Hakim kepada putra-putrinya

 يا بنى اذاامتلأت المعدة نامت الفكرة وحرست الحكمة وقعدت الأعضاء عن العبادة وزال صفاء القلب ورقته المدرك بهما لذة 
المناجات والتأثر بالذكر
Wahai anak-anakku seandainya perutmu penuh dengan makanan  (kewaregen). Maka, pikiran dan hikmahmu akan mati. Maka, seluruh anggota tubuhmu akan malas untuk diajak melakukan amal ibadah kepada Allah SWT dan hilanglah kebesihan hati dan halusnya budi yang menjadi sebab merasakan nikmatnya bermunajat atau beribadah kepada Allah SWT.

Ketiga meningkatkan kesehatan badan
كما قال بعض الحكماء المعدة بيت الداء والحمية رأس الدواء
Sebagaimana yang dikatakan oleh sebagian orang-orang bijak perut itu rumah penyakit sedangkan puasa pokok dasar (pemimpin) dari berbagai jenis obat.

Keempat Mengurangi sifat hayawan (بهيمية) dengan puasa otomatis akan mengurangi makan, minum, jima'. Maka meningkatlah kemulyaan jiwa keikhlasan, kesabaran, sehingga mendekati sifat dari Malaikat (ملائكة ).

Kelima Sejatinya  manusia tidak akan kuat disiksa dengan panasnya api neraka, oleh karena itu Allah memerintahkan kepada orang yang beriman puasa, supaya mereka merasakan panas dan sakitnya lapar di dunia. Sehingga besok hari kiyamat selamat dari api neraka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hikmah Puasa "

Post a Comment