Search This Blog

Beberapa Masalah Yang Penting Ketika Puasa


Beberapa Masalah Yang Penting Ketika Puasa

Pertama Orang yang berpuasa diinjeksi (disuntik), apabila memasukkan obatnya tidak melalui lubang lima (hidung, mulut, telinga, qubul dan dubur) maka hal yang demikian itu tidak membatalkan  puasa. Begitu juga memasukkan obat tetes mata, meskipun ditenggorokan terasa pahit, itu juga tidak membatalkan puasa.

Kedua Mengunyah makanan yang bertujuan untuk menyuapi bayi, asal tidak ada yang tertelan dan sesudahnya kumur-kumur hingga bersih maka yang demikian itu juga tidak membatalkan puasa.

Ketiga Orang berpuasa memberi garis mata (eye liner/celakan) tidak membatalkan puasa sebagaimana hadits Nabi
لما روى عن انس رضى الله عنه انه كان يكتحل وهو صائم

Keempat Menelan air liurnya sendiri selama belum keluar dari mulut tidak membatalkan puasa.

Kelima Orang yang berpuasa terasa kepanasan yang teramat sangat, kemudian kepalanya disiram atau digrujug dengan air asal airnya tidak masuk ke dalam lubang lima yang demikian itu tidak membatalkan puasa.

لقد رايت رسول الله صلى الله عليه وسلم بالعرج يصب الماء على رأسه وهو صائم من العطش او من الحر. رواه ابو داود 
Sungguh aku telah melihat Rasululloh di Desa 'Aroj menyiramkan air di kepalanya dikarenakan suhu yang teramat panas dan terasa sangat haus sedangkan pada waktu itu Nabi sedang berpuasa.

Keenam Orang berpuasa tidur mulai fajar hingga magrib tidak membatalkan puasanya.

Ketujuh Orang yang berpuasa lupa (benar-benar lupa) kemudian makan dan minum tidak membatalkan puasanya.

Kedelapan Muntah-muntah yang tidak disengaja, mungkin karena masuk angin atau karena mabuk kendaraan  tidak membatalkan puasa.

Kesembilan Selilit yang tertelan bersamaan air liur yang sulit untuk dikeluarkan atau dimuntahkan tidak membatalkan puasa.

Kesupuluh Masuknya debu dari jalanan kedalam badan atau masuknya lalat atau nyamuk yang terbang hingga masuk kedalam mulut dan tertelan ke dalam badan yang demikian itu tidak membatalkan puasanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Masalah Yang Penting Ketika Puasa"

Post a Comment