Search This Blog

Widget Dan Cara Memasangnya Kedalam Blog

Widget ialah suatu fitur tambahan yang sudah disediakan oleh blogger, selain tempat konten atau post.  Keberadaan widget ini sangat penting yaitu untuk memudahkan kita dan pengunjung yang lagi BW (blog walking) bernavigasi dalam blog, serta membantu didalam memahami setiap penjelasan yang ada pada blog itu sendiri. Sehingga pengunjung lebih cepat mengerti dan memahami isi dari blog kita.

Dan di konten ini pula kami akan berusaha membantu menjelaskan orang yang sedang belajar ngeblog khususnya para pemula (newbie) dalam hal memasang atau menambah widget ke dalam blog sekaligus menghapusnya. 

Untuk saat ini kurang lebih ada 26 widget yang tersedia di dasbor blogger lengkap dengan berbagai macam fitur dan kegunaannya. Semua widget yang tersedia tidak harus dipasang semua, akan tetapi kita bisa memilih sesuai kebutuhan yang ingin ditambahkan ke dalam blog yang kita miliki. Untuk lebih jelasnya bisa membaca konten tentang "Widget Yang Harus Ada Dalam Blog Yang Kita Buat"

Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh ketika hendak memasang widget tertentu.
  1. Login ke dalam dashboard Blogger.com terlebih dahulu.
  2. Pada dashboard blogger pilih blog yang akan ditambah widgetnya dari daftar blog yang kita miliki.
    Pilih Blog Terlebih Dahulu
  3. Kemudian di sebelah kolom kiri halaman klik menu "Layout" atau "Tata Letak".
    Klik Menu Layout
  4. Setelah halaman layout dari blog yang kita pilih terbuka, kemudian pilih "Tambahkan Gadget" di bagian mana saja yang kalian suka. 
    Klik Tambahkan Gadget Sesuai Pilihan
  5. Maka terbukalah jendela baru, dan akan terlihat daftar berbagai macam widget yang dapat kalian tambakan ke blog kalian.
  6. Misalnya, kita memilih widget "Page" setelah itu tugas kita mengatur  isi dari daftar page atau halaman yang kita pasang. 
    Menambah Widget Page


  7. Kita bebas menaruh widget yang kita buat tadi dimana saja kita suka. Contoh, kita pasang widget itu di bagian footer sidebar ataupun header.
  8. Setelah itu, klik "simpan setelan" dan lihat hasilnya dengan klik "Lihat Blog" di bagian atas.
  9. Maka tampilan baru blog kita otomatis akan terlihat, widget yang baru kita tambahkan terlihat "Page" yang berada di sidebar bagian kanan. 
  10. Semoga artikel tentang Widget Dan Cara Memasang Kedalam Blog bisa dipahami dan dipraktikkan. Terimakasih...
Semoga bermanfaat !!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Widget Dan Cara Memasangnya Kedalam Blog"

Post a Comment