Cari Blog Ini

Cara Membuat Blog

Mengenal Blog Meski Hanya Sekilas

Blog sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, lewat blog manusia bisa lebih mudah berbagi banyak hal yang dia suka dengan siapa saja di dunia tanpa batas. Bagi sebagian orang mungkin ngeblog adalah hal yang mudah tetapi bagi yang baru berkenalan dengan blog mungkin akan sedikit kesulitan dan kebingungan, tetapi bagaimanapun juga ngeblog adalah aktivitas yang sangat menyenangkan.

Selain sebagai media sharing kepada khalayak luas di dunia online, blog juga dapat menjadi penghasilan tambahan untuk pemiliknya, blog yang populer dan memiliki banyak visitor memiliki banyak sekali peluang penghasilan mulai dari penjualan produk, dan yang terfavorit adalah dijadikan iklan dan Program Afiliasi.

Singkatnya, panduan cara membuat blog ini akan menerangkan bagaimana memilih platform blog yang baik sampai ke topik seperti membuat konten yang baik dan menarik perhatian pemirsa Anda. Tidak peduli apakah Anda ingin membikin blog pribadi ataupun mempersiapkan diri menjadi blogger independen sebagai bisnis rumahan atau sampingan, panduan ini akan membantu.

Beberapa hal yang akan dibahas disini :
  • Apa itu blog?
  • Mengapa Anda harus membuat blog?
  • Platform blog mana yang terbaik bagi Anda?
  • Cara buat blog gratis yang bagus, keunggulan dan kelemahannya.
  • Apakah ada aplikasi yang memungkin Anda nge-blog tanpa online (dari desktop)?
  • Apa topik yang harus saya tulis?
  • Bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik?
  • Di mana Anda dapat menemukan gambar gratis atau murah untuk blog Anda?
  • Sumber daya lainnya yang bermanfaat untuk pembelajaran lebih lanjut.
  • Ada banyak informasi yang dapat dicerna di sini. Silakan menikmati apa yang tersedia. Semoga bermanfaat.
Pengertian Blog

Istilah blog menjadi populer akhir-akhir ini dan Anda mungkin punya ide apa yang dimaksud dengan blog tapi jika ditanya, semua orang pasti akan memiliki pendapat yang berbeda. Namun usaha untuk mengerti tentang blog itu penting, terutama bila Anda ingin menjadikannya sebagai suatu bisnis.

Kata blog sebenarnya berasal dari gabungan dua kata yaitu, web dan log. Dengan kata lain, blog adalah kumpulan atau catatan pikiran, ide, foto, video, tautan dan apa saja tentang Anda. Secara teknis, kumpulan konten ini diurutkan secara kronologis terbalik. Yang terbaru di atas dan seterusnya ke bawah dan halaman berikutnya. Kumpulan tulisan singkat dapat saja dikatakan sebagai blog.

Ada yang mengkategorikan lebih jauh menurut ciri-cirinya, yaitu memiliki judul, batang tubuh, komentar, tanggal serta waktu penulisan dan penerbitannya. Tapi ciri-ciri seperti ini semakin kabur seiring berjalannya waktu. Misalnya, salah satu perangkat lunak pembuat blog yang terkenal, WordPress, telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga berubah fungsi. Sekarang ini, selain dipergunakan sebagai blog, WordPress juga dapat dijadikan alat bantu manajemen konten situs.

Dari situs iklan baris sampai jejaring sosial, semua dapat dibangun menggunakan WordPress dan plugin-nya, yang mana merupakan cara memperluas dan menambah fasilitas pada kerangka dasar yang ada. Dengan kata lain, blog dapat dibuat sesederhana atau sekompleks mungkin dengan berbagai fitur tergantung apa yang diinginkan oleh pembuatnya.
Mengapa Kita harus membuat blog?

Tidak ada alasan yang pasti mengapa seseorang membuat blog. Semuanya tergantung motivasi individu yang bersangkutan. Tapi ada beberapa tujuan dan alasan yang mungkin tidak terpikirkan ketika ingin membuat blog, yang dapat menambah wawasan dan perspektif ke mana blog yang Anda bangun akan digiring nantinya.

Beberapa orang membuat blog sekedar hobi. Memang inilah tujuan awalnya ketika perangkat lunak blog pertama dikembangkan. Mereka ingin cara yang mudah untuk mengarsip catatan pribadi dan juga berbagi dengan yang lainnya apa yang mereka tulis. Blog saat ini dapat dipergunakan sebagai album foto, berbagi pengalaman tentang apa yang Anda pelajari sehari-hari, maupun sebagi cara untuk berkomunikasi dengan teman dekat atau sanak keluarga.

Secara profesional dan dari segi bisnis, blog dapat digali lebih jauh agar menawarkan keuntungan berikut ini bagi Anda:
  1. Mendemonstrasikan keahlian dan membangun komunitas. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendemonstrasikan keahlian Anda selain menulisnya dan membagikannya dan blog bisa sebagai wadah untuk mendemonstrasikan keahlian anda. 
  2. Sebagai curriculum vitae (CV) atau resume. CV atau resume tradisional sudah kedaluarsa. Setiap orang dapat menulis resume terbaik dengan daftar keahlian yang panjangnya berkilometer. Tapi dewasa ini yang dibutuhkan perusahaan adalah bukti Anda benar-benar menguasai bidang tersebut. Dengan memiliki blog dan menciptakan konten yang bermutu seputar topik yang Anda kuasai, Anda memiliki alat pendukung kuat bagi resume Anda.
  3. Sebagai sumber pendapatan penuh atau sampingan. Ada banyak peluang terduga maupun tak terduga yang dapat dikembangkan dari sebuah blog. Dengan pemirsa yang tetap dan tertarget, Anda bisa saja bekerjasama dengan jejaring periklanan untuk menampilkan iklan. Model bisnis ini cukup terkenal karena Anda hanya fokus pada pembuatan konten dan komunitas. Banyak blogger yang juga berhasil mendapatkan kontrak penulisan buku, menjadi pembicara di seminar, konsultasi dan beberapa pendapatan lainnya.
  4. Untuk badan usaha mikro, kecil maupun menengah, blog bisa digunakan sebagai media untuk mempublikasikan barang dagangan ( promosi). Sebagai sumber pembelajaran blog bisa berfungsi sebagai pengganti buku, modul atau LKS
  5. Sebagai sarana pembelajaran blog bisa dijadikan sebagai sarana melaksanakan KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar layaknya dalam Kelas.
Jadi apapun tujuan Anda, akan lebih baik bila kita mengenal dan mampu menggunakan blog.

Platform Blog Mana Yang Terbaik Bagi Anda?

Kita bisa memilih platform yang kita senangi dan cocok untuk kita, diantara platform gratis yang dapat kita gunakan adalah Blogger, Wordpres, Blog Detik dll.

Aplikasi Blogging Untuk Desktop

Bagi kebanyakan blogger Indonesia, koneksi Internet 24 jam masih merupakan tantangan karena berbagai alasan, termasuk infrastruktur yang kurang baik dan dana. Akan sangat membantu jika ada aplikasi yang dapat membantu seorang blogger agar dapat menulis tanpa harus online terlebih dahulu. Kabar baiknya, aplikasi seperti itu memang tersedia.

Alat bantu ini fungsinya sederhana. Anda membuat tulisan dengan segala format sesuai dengan keinginan Anda, menyisipkan gambar, bahkan video, dan melakukan pratinjau tulisan. Software ini juga mengijinkan Anda menyimpan tulisan pada hard disk komputer. Dan ketika siap mempublikasikannya, tinggal menyambungkan koneksi dan mempublikasikannya.

Beberapa aplikasi populer yang masuk dalam kategori ini adalah:
  • Windows Live Writer. Sesuai namanya, software ini bekerja untuk Windows dan kompatibel untuk platform Blogger maupun WordPress.
  • Ecto Ini adalah software pilihan untuk yang bekerja menggunakan Apple Mac. Perangkat lunak ini berbayar namun harganya cukup terjangkau, $19.95. Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan fungsi-fungsi dasar dan juga banyak fitur lanjutan lainnya seperti mengkonversi gambar dan menciptakan miniatur.
  • ScribeFire. Aplikasi ini unik karena kompatibel di segala platform. Ini mungkin karena ScribFire sebenarnya merupakan add-on atau ekstensi yang bekerja di atas peramban web Mozilla Firefox. Jika Anda sering menulis blog sambil mengutip dari berbagai sumber maka aplikasi ini sangat membantu.
Apa Topik Yang Harus Saya Tulis?

Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam pembuatan blog, ada sesuatu hal yang penting dan sangat perlu untuk diperhatikan yaitu tahap pemilihan Topik, apabila topic sudah ditentukan maka isi blog kita arahkan fokus kearah topic tersebut. 

Bagaimana Anda Dapat Menciptakan Konten Yang Menarik?

Pada tahap ini, Anda telah memiliki blog dan menata komputer Anda sehingga dapat menulis kapan saja tanpa harus terkoneksi ke Internet. Anda juga sudah tahu apa yang harus ditulis pertama kali. Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana Anda dapat menciptakan konten yang menarik sehingga dibaca orang terus menerus?

Menurut hemat saya, konten yang menarik bukanlah konten yang menurut Anda bagus. Semuanya harus dipikirkan dari perspektif seorang pembaca. Akan sangat membantu jika Anda memikirkannya sebagai aliran proses. Tentunya ini tergantung bagaimana pembaca Anda menemukan blog Anda.

Katakanlah semuanya bermula dari mesin pencari. Untuk dapat ditemukan di sana, Anda harus menggunakan keyword atau kata kunci yang dipakai oleh para pemirsa. Artinya Anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat untuk dipakai di tulisan blog Anda. Proses ini, termasuk cara optimasi blog agar ditemukan di mesin pencari merupakan satu bidangnya sendiri yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization.

Nah, saat menemukan tulisan Anda di mesin pencari… apa yang membuat seorang calon pembaca mengeklik halaman situs Anda? Sebuah judul yang menarik. Ya, judul tulisan Anda tidak boleh membosankan. Walaupun tulisan Anda mengenai topik yang sangat biasa, harus disuntikkan nyawa ke dalamnya agar hidup. Seni dan pengetahuan ini dinamakan copywriting.

Untuk lebih memudahkan Sebelum kita memasuki tahapan pembuatan blog alangkah baiknya, kita mengisi format Rencana Pembuatan Blog berikut ini : 
  • Nama               : 
  • Mata Pelajaran :
  • Kelas                :
  • Topik                : 
  • Alamat Blog     : …………….. blogspot.com ( Contoh : tikmadarma.blogspot.com )
Angket yang harus diisi untuk membuat sebuah blog

Saatnya Membuat Blog Menggunakan Enggine Blogger 

Syarat–syarat membuat Blog di Platform Blogger.com 
  1. Memiliki akun email 
  2. Tersedia akses internet 
  3. Mempunyai niat atau kemauan keras untuk membuat Blog. 
Langkah–lankah mebuat Blog : 
  • Silahkan buka URL BLOGGER ( bisa dicari melalui penelusuran google ) atau bisa juga mengetik langsung di Adres Bar ( http://www.blogger.com )
Setelah muncul tampilan seperti ini, klik CREATE YOUR BLOG
  • Kemudian akan muncul tampilan berikut ini dan meminta anda untuk memasukkan alamat email. 
Silahkan masukkan alamat email anda password dan selanjutnya login.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan berikut ini, silahkan klik Buat Blog Baru.
  • Selanjutnya akan tampil laman dimana kita sudah dapat memasukkan judul dan alamat blog yang kita buat.
  1. Pada kolom judul, silahkan di isikan tema/topic/nama blog yang akan kita buat. 
  2. Pada kolom alamat silahkan masukkan alamat URL blog yang akan kita buat. Pastikan alamat yang kita inginkan tersedia. 
  3. Selanjutnya klik Buat Blog.
  • Dengan telah munculnya tampilan seperti gambar dibawah ini, maka menandakan kita baru saja selesai membuat sebuah blog.

SELAMAT,  Anda telah memiliki sebuah blog dan untuk melihat tampilan blog anda silahkan klik lihat blog

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Membuat Blog "