Search This Blog

Praktik Pembibitan Tanaman Di MA Darma

Pembibitan : Kelas XI MIA 2 Senin 14/1/2019

Pembibitan tanaman adalah suatu proses penanaman bibit dari bentuk biji hingga menjadi tanaman kecil yang ditandai dengan munculnya tunas, akar dan beberapa daun kecil yang dikenal dengan istilah kecambah.  Setelah beberapa hari dalam perawatan akhirnya tanaman kecil siap untuk dipindah dalam media lebih besar hingga tumbuh besar, berbuah dan siap untuk dipanen. 

Di MA Darma "Praktik Pembibitan Tanaman" merupakan salah satu kegiatan outdoor activity yang dipandang sangat penting oleh Bapak Eko Budiono, S.Pd (guru mapel biologi), kegiatan ini sangat berguna sekali untuk menyempurnakan kegiatan belajar mengajar mapel biologi yang diselenggarakan secara teorikal di dalam kelas.


Sehingga nantinya melalui kegiatan ini diharapakan akan mampu membantu membentuk karakter peserta didik untuk mencintai dan menyayangi tanaman sebagai bagian penting kehidupan di alam ini, yaitu sumber bahan pangan (produsen) dan berbagai manfaat lainnya.

Manfaat lain kegiatan pembibitan bagi peserta didik diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Lebih mudan dalam memahami proses pertumbuhan tanaman, karena menyaksikan secara langsung. 
  • Melatih kesabaran dan ketekunan, kegiatan pembibitan tanaman butuh proses yang lama dan panjang, yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Oleh karena itu melaksanakan kegiatan ini, sebenarnya sama saja dengan memupuk ketekunan dan kesabaran siswa.
  • Membuat badan sehat karena aktif bergerak, otomatis dengan melaksankan pembibitan raga atau jasmani peserta didik akan turut aktif bergerak yang menyebabkan badan sehat, segar dan bugar. 
  • Menumbuhkan kecintaan pada lingkungan dan alam semesta, dengan seringnya siswa berhubungan langsung dengan alam, maka makin cinta pula mereka dengan alam.
  • Belajar tanggung jawab, dengan melaksanakan kegiatan ini akan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri masing-masing peserta didik untuk merawat bibit tanaman yang sudah ditanam hingga tumbuh dan berkembang sampai purna atau panen.    
Terimakasih...!!!
    







Subscribe to receive free email updates: