Cari Blog Ini

Outdoor Activity

Outdoor Activity
Outdoor Activity, merupakan salah satu kegiatan wajib untuk sekolah atau madrasah adiwiyata yang berisikan pengajaran dan pendidikan yang dilakukan di luar kelas. Bisa berupa kegiatan praktek, demonstrasi, pengamatan, penelitian, bakti sosial kemasyarakatan, senam, jalan santai, sepeda santai, renang dan berbagai kegiatan positif lainnya, yang bisa dilakukan di lingkungan madrasah seperti : taman, kebun, bank sampah, bag sampah, lapangan olahraga, halaman. Atau bahkan bisa juga dilakukan di luar lingkungan madrasah seperti : perkampungan penduduk, lahan pertanian, hutan, sungai, taman kota, pantai, bukit, gunung, hutan mangrove dan lain-lain.

Tujuan utama dari kegiatan ini, yaitu untuk mendidik siswa supaya dapat beradaptasi dengan alam bebas secara langsung. Outdoor Activity tidak sekedar memindahkan pelajaran ke luar kelas, tetapi dilakukan dengan mengajak siswa menyatu dengan alam dan melakukan beberapa aktivitas yang mengarah pada terwujudnya perubahan perilaku siswa terhadap lingkungan melalui tahap-tahap penyadaran, pengertian, pemahaman dan perhatian. Sehingga muncul rasa tanggungjawab, aksi peduli atau tingkah laku nyata kepedulian terhadap kelestarian alam. Dengan alam pula, kita bisa melakukan pengembangan pengetahuan dan melakukan proses belajar mengajar yang tidak kalah efektife dengan proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas. 

Contoh kegiatan Outdoor Activity atau Aktivitas Luar Kelas :
  1. Berkebun, menurut KBBI berkebun mempunyai arti sedang menanam dan sebagainya di kebun. Kegiatan berkebun bisa dilakukan oleh peserta didik di kebun madrasah kegiatan ini meliputi : penanaman, menyiangi, pemupukan, penggemburan, bersih-bersih, penelitian, pemangkasan dan lain-lain. (waktu menyesuaikan saat dibutuhkan untuk perawatan kebun pada kapling kelas masing-masing, dibawah bimbingan wali kelas). 
  2. Jum'at Bersih atau bisa disebut juga kegiatan  Kerja Bakti Madrasah adalah kegiatan sosial bersama-sama seluruh warga madrasah yang berguna untuk menata, merapikan dan membersihkan lingkungan sekitar madrasah dari berbagai sampah atau kotoran yang berserakan. (Waktu pelaksanaan sabtu bulan sekali di minggu ke tiga di jam pertama hari jumat atau yang lainnya, dibawah bimbingan semua bapak atau ibu dewan guru serta karyawan). 
  3. Sabtu Sehat atau bisa disebut juga dengan istilah Olahraga Bersama dengan diisi senam atau jalan santai keliling desa, kegiatan ini sangat peting dan banyak sekali manfaatnya untuk menyegarkan kembali pikiran seluruh warga madrasah, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat "Mensana Incorpore Sano,  (Waktu pelaksanaan hari sabtu jam pertama atau lainnya di minggu terakhir, dibawah bimbingan Guru Olah raga atau Waka Humas).    
  4. Kegiatan Berkemah kegiatan ini akan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk memperolah dan menguasai keterampilan dasar dan sikap terhadap alam sekitar. (waktu satu semester atau minimal satu tahun sekali dibawah bimbingan pembina pramuka).
  5. Penjelajahan Alam adalah kegiatan yang bisa dilakukan di alam terbuka seperti hutan, bukit, gunung, pantai dan lain-lain dengan berjalan kaki/melakukan sebuah petualangan. Kegiatan ini dapat menyegarkan pikiran karena kita bisa melihat suasana pemandangan yang sangat indah di sepanjang penjelajahan. (waktu satu semester sekali dibawah bimbingan bapak atau ibu dewan guru beserta karyawan)
Aktivitas luar kelas sejatinya lebih dikenal sebagai kegiatan yang digunakan untuk mengembalikan semangat. Namun saat ini kegiatan ini bisa dimodifikasi untuk kegiatan pembelajaran yang sangat efektif.

Subscribe to receive free email updates: