Cari Blog Ini

Kegiatan Recycle Di MA Darma

MA Darma sebagai madrasah pelopor program adiwiyata untuk madrasah swasta di Kabupaten Pati, sudah barang tentu menjadikan kegiatan Recycle menjadi program wajib di madrasah ini. Tapi sebelumnya perlu dijabarkan terlebih dahulu pengertian dari Recycle itu sendiri. 

Recycle adalah salah satu bagian dari cara bijak dalam mengelola sampah 3R (reuse, reduce, dan recycle). Secara singkat, recycle dapat diartikan sebagai daur ulang, yaitu sebuah proses mengolah kembali sampah atau benda-benda bekas yang sudah tidak terpakai menjadi barang atau produk yang memiliki nilai daya guna dan manfaat baru yang otomatis berbeda dengan sebelumnya.

Yang mana hingga saat ini kegiatan 3R, masih menjadi solusi terbaik dalam menangani masalah sampah dengan berbagai permasalahan yang ditimbulkannya. Dengan melakukan recycle atau daur ulang, benda-benda yang sebelumnya tidak bermanfaat dan menjadi sampah, bisa diolah menjadi barang atau produk yang memiliki manfaat dan kegunaan baru. 

Fungsi atau kegunaan barang sebelum dan sesudah proses recycle, bisa jadi akan berbeda. Contoh kegiatan recycle di MA Darma, bekas botol air kemasan yang semula menjadi wadah air minum, direcycle kelas X (sepuluh) dengan bimbingan wali kelas masing-masing menjadi pot sebagai tempat menanam tanaman hias, kelas XI (sebelas) merecycle bekas wadah kemasan minyak goreng  ukuran 2 liter menjadi pot, begitu pula kelas XII merecycle ember bekas wadah cat 3 kg menjadi pot pula. 
Recycle : Kls X MA Darma Merubah Botol Bekas Menjadi Pot
Recycle : Kls XI MA Darma 
Recycle : Kls XII MA Darma


Tidak mau ketinggalan  dari yang lainnya, Bu Laila Badriyah, S.Pd (guru mapel bahasa inggris) mengisi kegiatan outdor activity di kelas x iis 1 berjudul "Membuat Tirai Cantik" dengan bahan baku gelas plastik bekas. Dan insyaAllah kegiatan ini akan diikuti oleh kelas-kelas lainnya dengan berbagai kreasi dan inovasi baru yang beraneka ragam.
Recycle : Mebuat Tirai Dari Gelas Plastik Bekas

"Tirai Cantik" Hasil Kegitan Recycle di MA Darma
Kegiatan Recycle XII IPS 1 Keranjang Buah dari Gelas Plastik Bekas
Kegiatan Recycle : Aneka Karya Kelas XI IIS 

Satu hal yang perlu untuk diketahui, sesuatu yang paling dibutuhkan, untuk melaksanakan kegiatan recycle atau daur ulang ini adalah, daya kreatifitas untuk memunculkan ide-ide baru agar dapat memaksimalkan benda-benda yang sudah tidak terpakai menjadi berfungsi atau berguna kembali, meskipun tidak pada fungsi utamanya.

Semoga tulisan ini mampu menginspirasi kita semua, untuk lebih giat melaksanakan kegiatan recycle. Sehingga sampah tidak lagi menjadi musibah tapi justru sebaliknya "Sampah Membawa Berkah". Aamiin   

Subscribe to receive free email updates: