Cari Blog Ini

Greenhause


Bangunan berkerangka dan biasanya dibentuk menggelembung, diselubungi bahan transparan atau tembus cahaya yang dapat meneruskan cahaya secara optimum untuk melindungi tanaman yang berada didalamnya dari kondisi cuaca yang bisa berubah-ubah setiap saat. 

Perubahan cuaca yang exstrim, bisa menyebabkan kerusakan dan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan bibit tanaman yang masih lemah dan rentah mengalami kerusakan dan kematian. Dari sinilah pentingnya keberadaan greenhause, hingga bisa dikatakan greenhause sebagai klinik, rumah bersalin atau bahkan rumah sakitnya tanaman.  

Kelebihan pembibitan atau budidaya tanaman di dalam greenhouse yaitu lebih mudah untuk dikontrol karena masuk dalam lingkungan micro (kecil) yang mudah sekali untuk dikendalikan atau diatur segala sesuatu yang berada didalamnya mulai dari temperatur/suhu, cahaya, udara, kelembaban dan lain sebagainya.

Keberadaan greenhouse di sekolah-2 atau madrasah-2 adiwiyata di Indonesia yang beriklim tropis, lebih cenderung mengarah pada praktik pembelajaran tentang pembibitan, sekaligus memperkenalkan pada peserta didik cara atau sistem perlindungan bibit tanaman dari terjangan air hujan secara langsung atau perubahan cuaca yang ekstrim, serta perlindungan dari serangan hama yang lagi mewabah sehingga kerusakan bibit tanaman dapat terhindari. 

Terimakasih...

Subscribe to receive free email updates: