Search This Blog

Cara Membuat Arang Sekam

Cara Membuat Arang Sekam

Cara membuat arang sekam secara sederhana dan mudah, yaitu sebagai berikut ;
Membakar arang sekam dengan cerobong. Cara ini cocok diaplikasikan jika anda membuat arang sekam dalam jumlah yang banyak. Dalam membuat arang sekam dengan cara ini ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, antara lain sebagai berikut ;
  • Sekam
  • Korek Api
  • Jaring kawat bekas 
  • Kertas, ranting kayu, tempurung kelapa atau sabut kelapa
  • Air
  • Gayung, ember atau sprayer.
Cara membuat :
  1. Jaring kawat bekas digulung seperti silinder atau cerobong dengan diameter 10 - 15 cm dan ikat menggunakan kawat.
  2. Tinggi atau panjang cerobong disesuaikan dengan banyaknya sekam yang akan dibakar. Semakin banyak sekam maka semakin panjang pula cerobong yang dibutuhkan.
  3. Kertas, sabut kelapa atau tempurung dibakar ditengah-tengah cerobong posisi berdiri sehingga api pembakaran berada didalamnya.
  4. Sekam dituangkan disekeliling cerobong hingga membentuk seperti gunung, usahakan cerobong berada tepat ditengah-tengah. Cerobong ini berguna untuk melindungi sekam agar tidak terbakar secara langsung.
  5. Beberapa saat kemudian sekam yang berada dipuncak gundukan akan menghitam. Jika terdapat sekam yang belum terbakar naikkan sedikit demi sedikit keatas dekat cerobong. Lakukan sampai sekam manjadi arang seluruhnya.
  6. Jika sekam sudah menghitam seluruhnya, segera siram dengan air secara merata, bisa juga menggunakan sprayer. Hal ini bertujuan untuk mematikan api yang masih menyala dan mencegah arang menjadi abu.
  7. Jika sudah dingin arang sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Terimakasih semoga bermanfaat...!!!

Subscribe to receive free email updates: