Search This Blog

Wana Wisata Waduk Kedungombo

Waduk Kedungombo

Salah satu waduk besar yang ada di Indonesia, yang mempunyai panorama alam sungguh-sungguh teramat mempesona, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan liburan wisata alam dengan objek air, hutan dan kuliner. Disamping menjadi tempat hiburan, santai dan wisata, waduk ini mempunyai kegunaan dan fungsi lain, yaitu sebagai sarana irigasi dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Suasana hutan yang hening dengan panorma alamnya teramat begitu menawan, plus kuliner menyuguhkan menu spesial ikan bakar, akan membuat suasana hati dan pikiran anda fresh kembali.


Alamat waduk ini terletak di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Sragen, Kabupaten Purwodadi dan Kabupaten Boyolali. Tepatnya, Jalan Solo - Puwodadi, Rambat, Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah Indonesia 57272. Oleh sebab itu, kadang – kadang orang menceritakan ke–3 kabupaten tersebut sebagai lokasi atau area waduk ini, karena ke–3nya benar-benar sebagai tempat keberadaan Waduk ini, letaknya memang berada diantara perbatasan ke-3 kabupaten tersebut. 

Tiket Masuk ke wisata ini 5000 rupiah/Orang. Parkir 7000 rupiah untuk mobil. Buka dari jam 08.00 - 16.00 WIB.

Senin, 31 Desember 2018

Waduk ini dibangun mulai pada tahun 1985, selesai tahun 1989 dan disahkan oleh Presiden Soeharto  18 Mei 1991 sesudah pembangunan waduk benar benar dinyatakan selesai. 

Kontraktor untuk membangun waduk ini bukan dari dalam negeri akan tetapi berasal dari asing (luar negeri). Bahkananggaran yang dipakai untuk pembangunan berasal dari pihak asing juga, hanya sedikit yang berasal dari APBN Indonesia. Luas waduk 6.576 hektar. Pendanaan mega proyek ini diambil dari hutang luar negeri senilai USD 156 juta dari World Bank, USD 25,2 juta dari Bank Exim Jepang,  dan  APBN, di awali  tahun 1985 hingga selesai tahun 1989.

Penyuplai air waduk ini disamping dari air hujan, ada beberapa sungai yang turut andil sebagai penyuplai air diantaranya: sungai nglozi, sungai tengah, sungai praholo dan beberapa sungai kecil lainnya.

Fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati pada wisata ini, warung darat ( berada didaratan), resto apung (restoran yang terapung diatas air danau), gardu pandang, musholla, toilet, perahu, skoci, memancing, bakar-bakar ikan, fotoboth yang menarik, beraneka permainan di tepi waduk  dan lain-lain.

Kalau anda masih penasaran tentang indahnya waduk ini, datang aja di WKO (Waduk Kedung Ombo) dan nikmati segala fasilitas yang tersedia...!!!

Terimakasih...




Subscribe to receive free email updates: