Search This Blog

Tugu Tiga Putri

Tugu Tiga Putri Jepara
Alhamdulillah kami sekeluarga bisa foto bareng di Tugu Tiga Putri pada hari Jumat tanggal 22 desember 2017 tepat di hari Ibu, dan genap setahun dari diresmikannya tugu tersebut yaitu pada tanggal 22 desember 2016, yang mana sebenarnya kami berhenti disini tanpa rencana dari awal, cuma ketika kami pulang dari KOP ( kura-kura ocean park ) dan sempat mampir dulu di Pantai Teluk Awur Jepara, saya pribadi tertarik dengan Tugu Patung Tiga Putri yang berada dibundaran Ngabul Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

Oleh karena itu saya putuskan untuk berhenti sejenak mengamati, menanyakan sekaligus mendokumentasikan tentang perihal Tugu Tigai Putri. Dari sinilah aku menemukan keunikan dari tugu tersebut yaitu ketiga Patung yang ada merupakan tiga tokoh wanita termasyhur yang berasal dari Kabupaten Jepara, yang mana masing - masing dari patung tersebut menghadap ke arah yang berbeda. 

  1. Ratu Sima menghadap ke arah Keling dengan makna filosofi, kecamatan Keling merupakan pusat kerajaan Kalingga yang ia pimpin.
  2. Patung Ratu Kalinyamatan menghadap ke arah Mantingan yang konon menjadi pusat kerajaan Kalinyamatan.
  3. Sedangkan Patung RA Kartini menghadap kearah Kecamatan Mayong, disanalah tempat kelahiran pahlawan emansipasi wanita Indonesia.
Demikianlah keunikan yang kami dapatkan, semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates: