Cari Blog Ini

Pesona Waduk Gembong

Foto Both Waduk Gembong

Keindahan Waduk Gembong yang begitu memukau mata dengan pesona alamnya yang teramat indah sehingga bisa menjadi alternatif untuk wisata keluarga yang sangat-sangat mengasikkan.

Wisata ini berada di Desa Gembong Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Jawa Tengah Indonesia dan lebih dikenal dengan istilah Wisata Waduk Seloromo yang dibangun pada masa kolonial Belanda pada tahun 1930, Seloromo berasal dari kata Selo artinya batu sedangkan Romo artinya bapak berarti batu bapak, konon pada saat membuat bendungan ini kolonial belanda menerapkan sistim kerja rodi atau kerja paksa, dan ditemukannya sebuah batu yang cukup besar yang sulit untuk dipecahkan hingga dikenal dengan istilah Seloromo. 

Waduk ini dibuat satu jalur dengan waduk Gunung Rowo yang mana diperkirakan Waduk Gunung Rowo itu sebagai penyuplai air bagi waduk Seloromo. Tujuan utama dibuatnya dua waduk ini adalah untuk irigasi, mengaliri sawah - sawah dibawahnya mendukung suksesnya program tanam paksa yang diterapkan oleh kolonial belanda. Sekaligus wujud politik Etis ( Politik Balas Budi ) yang dicetuskan oleh Van Deventer dan disetujui oleh Ratu Belanda Wilhelmina, yang mana didalam Politik Etis itu ada tiga hal yaitu Irigrasi, Edukasi dan Transmigrasi.

Saat ini kedua waduk itu, tidak hanya untuk irigrasi saja tapi juga sebagai budidaya ikan air tawar sekaligus tempat wisata.

Sekian Semoga Bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates: