Search This Blog

Pantai Tirta Samudra Bandengan


Pantai Tirtosamudro atau lebih terkenal dengan sebutan Pantai Bandengan merupakan salah satu pantai di pesisir utara pulau jawa yang layak untuk dikunjungi, salah satu pantai berpasir putih yang  lumayan bersih terletak di Desa Bandengan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Pantai Bandengan ini sangat berbeda sekali dengan pantai di pantura lainnya yang umumnya berpasir hitam dan kotor.

Memang bila dibandingkan dengan pantai dipesisir selatan pulau jawa , Pantai Bandengan masih kalah indah. Tapi Pantai Bandengan memiliki satu keunggulan yang tak dimiliki oleh pantai-pantai di selatan , Yaitu ombak yang tenang. Saking tenangnya bisa dikatakan nyaris tidak ada ombaknya. Kondisi yang cocok bagi anda yang ingin berlibur dengan keluarga tercinta. Ombak yang tenang ini juga lantas dimanfaatkan oleh pihak pengelola pantai untuk membuat sejumlah permainan air di pantai ini. seperti banana boat, donuts ban, jetsky, Kano , dan beberapa yang lain. 

Permainan-permainan air inipun dapat anda nikmati dengan harga terjangkau. Banana boat dapat dinikmati dengan biaya Rp 50.000 perorang yang tiap Banana boat dapat di isi oleh 5 orang. Banana boat akan di tarik oleh jet ski beberapa kali sebelum akhirnya anda dijatuhkan ke laut saat menikung dengan tajam. Asyik bukan?...Permainan Kano atau prahu karet dapat dimainkan dengan membayar Rp 50.000 per paketnya. Tiap paket terdiri dari 1 prahu karet yang dapat di naiki maksimal 4 orang , 2 buah dayung , dan 2 buah jaket pelampung. Untuk donat ban di patok Rp 30.000 untuk ban ukuran besar dan Rp 20.000 untuk ban ukuran kecil.


Disamping permainan air anda dapat mencoba menunggangi ATV menyusuri bibir pantai yang kaya akan warna putih. Pasir yang putih ini seakan mengajak siapapun untuk bermain dengan lembutnya pasir , Cocok untuk anda yang membawa anak kecil ke sini. Birunya air laut pun seakan mengundang siapa saja untuk bermain air laut yang berwarna biru kehijau-hijauan. Jangan khawatir broo...kedalaman pantai di sini terhitung cukup landai atau dangkal. Jadi anda bisa bermain-main air laut tanpa takut tenggelam. Jika masih takut , anda bisa juga menyewa ban karet dengan beraneka ragam warna yang banyak di sewakan di pinggir pantai.hehehe...jika masih ragu akan tenggelam , tenang saja deh...di pantai ini juga ada penjaga pantai yang selalu siap sedia menolong siapa saja yang kesusahan di pantai ini.  

Bagi anda yang tak ingin bermain air laut , anda juga bisa bersantai-santai di pinggir pantai yang juga banyak di tumbuhi oleh pepohonan. Anda bisa menyewa tikar dengan tarif Rp 10.000 untuk merebahkan tubuh sembari menikmati suasana pantai.

Rimbunnya pepohonan menambah suasana teduh di sekitar tepi pantai. Sambil duduk di bawah pohon atau di gardu-gardu istirahat menikmati semilir angin pantai dapat menjadi pelepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Hebatnya lagi , anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset dari Pantai Bandengan ini...


puas bermain air , bagi anda yang hendak membilas tubuh anda ; di pantai ini juga telah tersedia kamar mandi untuk mandi. Dengan tarif Rp 2.000 per-orang , tubuh pun telah bersih dan anda siap untuk berjalan-jalan.


Kalau perut sudah keroncongan selepas menikmati keindahan pantai ini , jangan panik kawan. Di sekitar lokasi pantai banyak warung-warung penjaja makanan dan minuman. Harga makanan dan minuman disinipun cukup bersahabat dikantong walau soal rasa itu saya kembalikan ke selera anda masing-masing...hehe….Selain warung makanan , di sekitar lokasi pantai ini banyak juga penjual souvenir mulai dari kaos , hiasan kerang , sampai hasil hasil laut dari penduduk yang telah di awetkan seperti ikan asin , cumi kering dan banyak lagi lainnya.


Tentu saja di sekitar Pantai Bandengan ini juga banyak berdiri penginapan-penginapan dengan harga dan kelas yang bervareasi. Anda tinggal pilih penginapan mana yang tepat untuk kantong anda jika ingin menginap. Pokok-e untuk wisata , terutama wisata keluarga pantai ini cukup menjanjikan kawann. Soal tarif masuk pun cukup murah lho. Perkepala hanya di tarik Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 8.000 pada hari libur. 


Pantai Bandengan tenar karena memiliki pasir putih serta air yang jernih khas pantai berkarang. Ciri khas lainnya, keadaan laut cukup landai dan ombaknya tidak terlalu besar.
Fasilitas umum yang tersedia di sini pun cukup lengkap. Mulai dari pondok peristirahatan, rumah makan, fasilitas MCK, peralatan renang serta peralatan untuk aktivitas lain di pantai.

Subscribe to receive free email updates: