Search This Blog

Museum Purbakala Situs Patiayam

Gambar 01. Ruang Utama Museum Purbakala Situs Patiayam
Situs Patiayam ditemukan tahun 1979, berupa daerah pegunungan yang terletak di selatan lereng Gunung Muria. Secara administratif situs ini berada di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus dan yang sebagian lagi masuk wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah Indonesia. Sebenarnya situs ini telah mendapatkan perhatian ilmuwan pada Zaman Kolonial, seperti tersebut dalam sejarah nama F.W. Junghun, de Winter dan pelukis naturalist Raden saleh pernah berkunjung ke situs Patiayam untuk menggali fosil, tapi sayang usaha mereka kurang berhasil aliyas gagal karena pada waktu itu lahan situs Patiayam masih tertutup hutan lebat sehingga sulit untuk menggali dan mengumpulkan fosil.  

Dalam beberapa penggalian berikutnya yang dilakukan oleh masyarakat baik secara sengaja (mencari fosil) atau tidak disengaja mulai menemukan beberapa fosil fauna yang pada waktu itu masyarakat  sekitar mengenalnya  dengan sebutan Balung Buto (tulang raksasa). Semakin banyaknya fosil yang ditemukan mulai dari Tengkorak Manusia Purba Homo Erectus oleh Sartono dan Y. Zaim yang dilakukan pada tahun 1979 dan diikuti dengan penemuan - penemuan Fosil yang lainnya mulai dari fosil - fosil hewan Vertebrata (bertulang belakang seperti Gajah, Badak, Banteng, Kerbau, Harimau, Rusa, Buaya, Kuda Air, Ikan Hiu, Penyu) dan fosil-fosil hewan Avertebrata (takbertulang belakang seperti Ubur-ubur, teripang, hewan laut berduri) serta beberapa benda budaya (alat-alat dari batu seperti kampak perimbas, gurdi penusuk dan lain-lain).
Gambar 02. Manusia Purba Homo Erectus
Gambar 03. Tanduk Banteng Purba
Gambar 04. Tanduk Kerbau
Seiring berjalannya waktu maka semakin banyak pula fosil yang ditemukan, tapi sayang belum ada tempat yang aman untuk menyimpan hasil penggalian sehingga banyak fosil-fosil yang sudah ditemukan rusak dan hilang. Dari sinilah munculnya gagasan dibangunnya sebuah Museum Purbakala Situs Patiayam oleh Direktorat jendral Pelestarian Cagar Budaya dan Museum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dan berdasarkan informasi yang didapat dari berbagai sumber Museum Purbakala Situs Patiayam dibangun antara tahun 2014 sd 2015 yang terletak di Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten kudus dan berada tepat di atas Situs Patiayam.

Semoga Bermanfaat 

Subscribe to receive free email updates: