Search This Blog

Laksamana Ceng Hoo

di Kelenteng Sam Po Kong

Wisata di Klenteng Sampokong atau dikenal dengan Laksamana Cheng Ho yang teletak di Jalan Simongan No. 129. Bongsari, Semarang Barat, menjadi tujuan kami pertama kali karena letaknya berdekatan dengan RSUP Kariadi, tapi sayang karena salah jalur letak yang dekat menjadi begitu jauh.  

Patung dan Klenteng Cheng Hoo / Sampokong
Cheng Ho atau Zenghe dengan nama Arab Haji Mahmud Shams  adalah seorang Muslim berasal dari suku Hui yang terletak di provinsi Yunan,  Cheng Ho dijadikan kasim oleh kaisar Yongle ketika Yunan ditakhlukkan. Dia adalah seorang pelaut dan penjelajah dari Cina yang menjadi kepercayaan Kaisar Yongle yang merupakan kaisar ketiga dinasti Ming dari Tiongkok ( berkuasa dari tahun 1403 - 1424 ). Di Kekaisaran Cheng Ho dipanggil dengan nama San Bao atau Saam Poo dan lebih dikenal dengan nama Sam Po Kong. 

Cheng Ho melakukan ekspedisi pertama kali tahun 1405 ketika kekaisaran Tiongkok mengalami kemunduran yang dimulai sejak tahun 1368. Dengan tujuan mengembalikan kejayaan negerinya Tiongkok. Ekpedisi inilah yang membawa Laksamana Cheng Ho mengelilingi Dunia, mulai dari negara - negara yang ada di Asia, Timur Tengah sampai Afrika sehingga ekpedisinya disebut sebagai Amada paling hebat sepanjang Masa.

Prasasti Sam Po Kong

Subscribe to receive free email updates: