Search This Blog

Cara Benar Menjawab Sholawat


Sering kita mendengar ketika ada seseorang mengucapkan kata "shollu 'alannabi Muhammad" diantara mereka secara serempak ataupun secara pribadi menjawab dengan ucapan "shollu 'alaih".
jawaban seperti itu ternyata kurang tepat, dan ini koreksinya!!!

Kalimat "shollu 'alannabi Muhammad" Merupakan sebuah perintah untuk kita membacakan sholawat atas Nabi Muhammad dengan kata shollu nya yang merupakan fi'il amar yang ditujukan untuk جمع مذكر (akan tetapi konteks ini adalah untuk umum baik جمع مذكر maupun جمع موءنث). Dengan kita menjawab menggunakan kalimat "shollu 'alaih" (صلوا عليه) maka itu berarti kita kembali memerintah orang lain untuk membaca sholawat. Bukan kita membaca sholawat malah sebaliknya ikut memerintah orang lain untuk bersholawat. Padahal tadinya kita diseru atau diperintah membaca sholawat atas Nabi Muhammad.

Maka disini terjadi "SALAH KAPRAH" dengan menjawab menggunakan kalimat "shollu alaih".
Akan tetapi jawablah dengan menggunakan kalimat "Allahumma sholli 'alaih" (اللهم صل عليه) atau "Yaa Robbi Sholli 'Alaih" (يا رب صل عليه) atau "shollallaahu 'alaih" (صلّی اللہ علیہ) yang mana ini merupakan kalimat sholawat yang kita mohonkan dari Allah SWT untuk kita tujukan kepada baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Semoga Bermanfaat jika masih ada kesalahan  diharapkan kritik, saran dan koreksinya. Terimakasih 

Subscribe to receive free email updates: