Search This Blog

Awal Mula Ilmu Khitobah




Khitobah bisa disebut juga dengan istilah retorika, pidato atau public speaking yang berarti berbicara didepan umum secara Istilah (terminology)  khitobah ialah suatu ucapan dengan perencanaan dan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Praktik khitobah sudah sangat tua usianya, para rasul menyampaikan risalah kenabian kepada umatnya melalui media ini. Secara umum Fungsi utama khitobah yaitu untuk menyampaikan informasi, menjelaskan ide – ide dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

Sedangkan Istilah retorika berasal dari bahasa yunani istilah ini lahir sebelum masehi yang berarti keahlian berbicara berpidato. Retorika merupakan bagian dari ilmu bahasa (Linguistik) khusus dalam hal bina bicara.

Ilmu Retorika sebagai ilmu bina bicara dibagi menjadi dua macam yaitu monologika dan dialogika.
  • Monologika adalah ilmu tentang seni bicara secara monolog, dimana hanya ada seorang yang berbicara contoh pidato, sambutan, ceramah dll.
  • Dialogika ilmu tentang seni berbicara secara dialog dimana dua orang atau lebih berbicara atau mengambil bagian dalam suatu proses pembicaraan contoh diskusi, Tanya jawab, perundingan, debat dll.

Dan dalam perkembangan berikutnya retorika mempunyai 3 ( tiga ) bentuk tujuan yaitu :
  1. Demi penemuan kebenaran ( menurut Socrates bapak retorika ) yaitu memberi suatu pemahaman tentang suatu kebenaran atau informasi pada orang lain.
  2. Demi kekuasaan atau kemenangan ( sesuai filsafat sophisme ) Yaitu untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
  3. Sebagai alat persuasi yang banyak menggunakan penemuan – penemuan ( gaya yang menghibur ), membuat orang lain senang dan puas dengan pidato kita sampaikan.

Subscribe to receive free email updates: