Search This Blog

Arang Sekam


Arang sekam memiliki banyak kegunaan baik di dunia pertanian, perkebunan, pertamanan maupun kebutuhan industri. Para petani memanfaatkan arang sekam sebagai penggembur tanah. Arang sekam dibuat dari pembakaran tak sempurna sekam padi (rambut). Bahan baku arang sekam bisa didapatkan dengan mudah di tempat-tempat penggilingan padi. Sebanyak 20-30% dari proses penggilingan padi akan menghasilkan sekam padi. Di beberapa daerah ini dianggap sebagai limbah pertanian yang tidak bermanfaat.

Padahal sejatinya, apabila kita mau melakukan tindakan sedikit saja pada limbah sekam tadi. Akan menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi tinggi dan banya manfaat. Misalnya kita buat limbah sekam tadi menjadi Arang Sekam.  

Apa Saja Manfaat Arang Sekam 
  • Secara alami arang sekam berfungsi memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah, yang rusak karena penggunaan pupuk kimia atau perubahan struktur tanah yang menjadi padat dan keras.  
  • Arang sekam bisa meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur sekaligus juga meningkatkan kemampuan tanah menyerap air. Tanah yang gembur merupakan tempat yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya organisme hidup. Baik mikroorganisme seperti bakteri maupun makroorganisme seperti cacing tanah. 
  • Arang sekam tidak membawa mikroorganisme patogen. Karena proses pembuatannya yang melalui pembakaran sehingga relatif steril. Secara kimia, arang sekam memiliki kandungan unsur hara penting seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg). Keasamannya netral sampai alkalis dengan kisaran pH 6,5 sampai 7. Arang dari sekam padi tidak mengandung garam-garam yang merugikan tanaman.
  • Arang sekam kaya akan kandungan karbon, dimana unsur karbon sangat diperlukan dalam membuat kompos. 
  • Arang sekam sebagai absorban yang bisa menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam pembuatan kompos. Sehingga kompos yang dihasilkan bebas dari penyakit dan zat kimia berbahaya.
  • Arang sekam bisa digunakan sebagai campuran media tanaman hias dan buah. Kelebihan media ini adalah bobotnya yang ringan dan mudah dibersihkan dari akar tanaman. Sifat seperti ini dibutuhkan untuk tanaman-tanaman yang akan dipindah-pindah tepat, dalam media gantung, polybag, pot maupun didistribusikan atau dijual.
Terimakasih and Semoga Bermanfaat !!!

Subscribe to receive free email updates: