Search This Blog

ZULFIQAR


Pedang paling populer dan legendari dalam dunia islam yang dimiliki oleh Syaidina Ali Ibnu Abi  Tholib RA, sebenarnya pedang ini adalah milik Nabi Muhammad SAW lalu diberikan kepada Ali selaku sahabat sekaligus menantu Nabi,  ketika melihat pedang Ali rusak dalam sebuah peperangan besar. 
Zulfiqar dengan Ali menjadi icon termasyhur dalam setiap pertempuran yang dihadapi kaum muslimin. Tertulis dalam sejarah, Ali dengan pedang zulfikar ditangannya menjadi kunci kemenangan kaum muslimin atas musuh-musuhnya. Sehingga tidak mengherankan bila ada ungkapan yang mengatakan
 لا فتى قوي إلا علي و لا سيف إلا ذو الفقار
Tidak ada pemuda yang kuat kecuali Ali dan tidak ada pedang yang tajam kecuali zulfikar
Zulfikar mengandung arti zul atinya tuan, fiqar artinya melengkung seperti punggung, berarti tuan yang melengkung seperti punggung, sebagaimana bentuk dari pedang zulfikar itu sendiri. Ada juga yang mengartikan "yang memiliki ketajaman luar biasa" (ذو الفقار). Dan banyak sekali tafsir dari makna Zulfiqar itu sendiri sehingga tidak bisa kami tulis semua disini, Kerumitan tafsir dan banyaknya pendapat tentang pedang legendaris ini, menambah kemasyhuran dari pedang zulfiqar itu sendiri. 
Selain rumitnya menafsirkan makna pedang zulfikar, sesungguhnya pedang ini mempunyai bentuk yang teramat unik juga. Yaitu, terdapat pemisahan di ujungnya sehingga menghasilkan bentuk pedang bermata dua. Imajinasi para seniman dari berbagai belahan dunia akhirnya menghasilkan berbagai interpretasi yang beragam mengenai bentuk dari pedang ini.
Selain tafsir dan bentuk yang unik serta laur biasa, pedang ini juga memiliki banyak cerita sejarah di dalamnya. Misalnya saja tentang keberadaan pedang ini yang disembunyikan, dan baru akan muncul ketika Imam Mahdi yang sesungguhnya telah keluar.

Wallahu A'lam Bishowab!!!







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ZULFIQAR"

Post a Comment