Cari Blog Ini

Saatnya Menjadi Madrasah Adiwiyata


Tujuan Program Adiwiyata Untuk Madrasah adalah menciptakan kondisi yang baik bagi Madrasah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga Madrasah (guru, karyawan, murid dan segenap komponen Madrasah dari komite hingga Yayasan), sehingga dikemudian hari warga Madrasah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya–upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma–norma dalam berperikehidupan diantaranya meliputi: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Sebagai salah satu penghuni planet bumi ini, yang dikaruniai akal pikiran oleh sang pencipta, kita berkewajiban menjaga kelestarian alam dan lingkungan, dimulai dari diri kita sendiri, hal-hal yang terkecil sekalipun dan saat ini juga.

Empat aspek yang harus menjadi perhatian Madrasah untuk dikelola dengan cermat dan benar apabila mengembangkan Program Adiwiyata yaitu: Kebijakan, Kurikulum, Kegiatan dan Sarana Prasarana. Sehingga secara terencana Pengelolaan aspek-aspek tersebut harus diarahkan pada indikator yang telah ditetapkan dalam program Adiwiyata.


Ada beberapa penghargaan dalam program Adiwiyata. Penghargaan Adiwiyata terbagi dalam 3 kategori yaitu Madrasah Adiwiyata Mandiri, Madrasah Adiwiyata, dan Madrasah Calon Adiwiyata. Adiwiyata Mandiri diberikan kepada Madrasah-madrasah yang mampu mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka selama tiga tahun berturut-turut. Meski demikian pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai apresiasi kepada Madrasah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Sebagaimana disebutkan diatas, penghargaan adiwiyata tahapan pemberdayaan (selama kurun waktu kurang dari 3 tahun) dan tahap kemandirian (selama kurun waktu lebih dari 3 tahun). 


Pada tahap awal, penghargaan Adiwiyata dibedakan atas dua kategori, yaitu :
  • Pertama Madarsah Adiwiyata: Madrasah yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup.
  • Kedua Calon Madrasah Adiwiyata: Madrasah yang dinilai telah berhasil dalam pengembangan lingkungan hidup.

Capaian akhir program Madrasah Adiwiyata adalah terbentuk Madrasah berwawasan lingkungan. Madrasah berwawasan lingkungan hidup yaitu Madrasah yang menerapkan nilai-nilai cinta dan peduli lingkungan sekitarnya. 

Pengajaran berbasis lingkungan dan kesadaran warga Madrasah akan pentingnya lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman, merupakan bagian terpenting dari Madrasah berwawasan lingkungan hidup.

Semoga Jadi Kenyataan! Aamiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saatnya Menjadi Madrasah Adiwiyata"

Posting Komentar