Search This Blog

Cara Bijak Dalam Mengelola Sampah


Mengelola sampah yang bijak adalah dengan cara menerapkan sistem 3R (Reuse, Reduce  and Recycle) dapat dilakukan oleh siapa saja, lembaga mana saja, kapan saja dan dimana saja. Yang dibutuhkan hanya sedikit waktu dan kepedulian kita dalam skala perseorangan, rumah tangga atau lembaga.
Berikut adalah contoh dari kegiatan 3R (Reuse Reduce Recycle) yang dapat dilakukan di rumah, madrasah, kantor ataupun di tempat-tempat umum lainnya.
Reuse artinya menggunakan kembali, contoh dari kegiatan reuse adalah sbb:
  1. Pilihlah wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Misalnya : Menggunakan mangkuk, botol atau gelas yang dapat dicuci dan dipakai lagi daripada menggunakan kantong plastik. Menggunakan serbet atau sapu tangan dari bahan kain untuk mengelap daripada tissu, menggunakan batrey kering yang dapat dicharge kembali daripada batrey sekali pakai.
  2. Gunakan kembali wadah atau kemasan yang telah kosong untuk fungsi yang sama atau fungsi lainnya. Misalnya botol bekas minuman digunakan kembali untuk minum atau menjadi media hidroponik, ember cat untuk tempat sampah atau pot, bekas bungkus minyak goreng kemasan untuk dijadikan media menanam gantinya pot atau polybag dll.
  3. Gunakan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali misan CD RW, DVD RW, Flasdisk dll.
  4. Gunakan sisi kertas yang masih kosong untuk corat-coret, bikin konsep, menulis, nota toko, alat pembungkus dll.
  5. Jadikan sampah sebagai bahan baku membuat kerajinan yang bernilai ekonomi.
  6. Terakhir, jual atau rosokkan sampah anorganik yang sudah terpilah dan tidak dapat digunakan lagi pada pengepul sampah untuk dilebur dan didaur ulang.

Reduce  artinya mengurangi dalam memproduksi sampah, contoh dari kegiatan reduce adalah sbb:
  1. Bawa kantong atao tas sendiri ketika mau berbelanja.
  2. Cari barang yang mana material pembungkusnya terbuat dari barang yang sederhana.
  3. Gunakan produk yang dapat diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali, batray yang bisa dicharge dll.
  4. Maksimumkan penggunaan alat-alat penyimpan elektronik yang dapat dibaca, dihapus dan ditulis kembali atau dikenal dengan istilah read and writer.
  5. Kurangi penggunaan bahan sekali pakai.
  6. Gunakan kedua sisi kertas untuk penulisan dan fotokopi.
  7. Hindari membeli dan memakai barang-barang yang kurang perlu.
  8. Gunakan email (elektronik mail) untuk berkirim surat daripada dengan kertas. 

Recycle artinya mendaur ulang, contoh dari kegiatan recycle adalah sbb:
  1. Pilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang 
  2. Olah sampah non organic menjadi barang yang bermanfaat.
  3. Intinya daur ulang lagi kertas, plastik, logam dan kaca menjadi barang-barang yang berguna dan bermanfaat dengan cara dikumpulkan, dipilah-pilah dan dirosokkan jangan dibakar dan dibuang. 

Dari Reuse, Reduce dan Recycle semuanya tampak sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun dari 3R yang sederhana ini bisa memberikan dampak yang luar biasa sebagai solusi untuk penanganan masalah sampah. Sehingga sampah pun bisa mendatangkan berkah, bukannya musibah.

Terimakasih!!!

Silahkan baca juga artikel-2 tentang Madarasah Adiwiyata dengan klik link-link berikut ini :



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Bijak Dalam Mengelola Sampah "

Post a Comment