Cari Blog Ini

Menggapai Keemasan Kembali

Sumber Ajaran Islam

Tidak ada kemalangan yang lebih mengharukan yang dialami umat islam, kecuali nasib buruk yang dideritanya dalam kurun terakhir ini, ketika umat islam yang hanya menjadi konsumen teknologi hingga dengan mudah dapat dipermainkan dan diadu domba,

Padahal sebelum masa renaissance umat islamlah yang memgang ilmu pengetahuan, kunci kazanah budaya dan peradaban dunia,sehingga baratpun menimba ilmu dari dunia Islam misal, Cordova, Granada, Damaskus dan Baghdad. 

Dari Alqur'anlah yang memotivasi dan mendasari aspek pemikiran umat islam yang membuat para ilmuan muslim pada waktu itu mampu menghasilkan karya-2 yang menakjubkan contoh Ibnu Sina tidak sekedar ahli dalam dunia kedokteran hingga terkenal dengan julukan Avecina akan tetapi sekaligus sebagai ahli Fisika dan Filsat yang terkemuka pada zamannya. Nasiruddin Tussi disamping sebagai seorang Sultan yang ahli dalam Ilmu Tatanegara tetapi juga menjadi ahli matematika dan penulis buku-buku klassik tentang mistikisme yang termashur. Qubtudin Syiroz salah satu murid dari Nasiruddin Tussi sebagai orang pertama yang mampu menjelaskan terjadinya pelangi secara ilmiah dan juga seorang penulis ilmu mantik dan logika yang tersohor. Albiruni disamping ahli dalam ilmu Astronomi, sejarah, matematika juga terkenal sebagai seorang antropolog dan penjelajah atau exsplorer. Ibnu Kaldun dengan karyanya yang berjudul Mukaddimah terkenal sebagai Bapak Sosiolog dan filsafat dunia.    

Ajaran Alqur'an pula yang mengarahkan umat islam untuk menggunakan Akalnya dalam menerapkan penggunaan metode mencari hakikat dan ilmu yang lengkap beserta fenomena-fenomena didalamnya dengan menjauhkan diri dari taklid buta atau membebek. 

Misalnya dalam QS Ar Rohman : 33 Allah menggunakan kata In sebagai bahasa pengandaian yang kemungkinannya bisa terjadi. 

Nyatanya kemungkinan itu telah terjadi, walaupun bukan umat islam yang melaksanakannya, toh pada ayat tersebut tantang Allah bukan kepada umat islam saja melainkan kepada seluruh jin dan umat manusia didunia, disinilah bukti sejarah yang tak bisa terbantah kalau ajaran islam melalui Alqur'an menjadi penggerak perkembangan Ilmu Pengetahun dan Teknologi. 

Oleh karena itu mari kita rebut kembali ilmu pengetahuan yang telah hilang dari tangan kita dengan semangat membaca dan mencari Ilmu...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggapai Keemasan Kembali"

Posting Komentar