Cari Blog Ini

Cara Menyimpan File Di Internet

 CARA MENYIMPAN FILE ATAU DATA-DATA PENTING DI INTERNET DENGAN GOOGLE DRIVE 
BY Imam M. 

Google Drive adalah layanan penyimpan file atau data – data penting baik berupa dokumen teks, gambar ataupun video secara online di internet (cload storage) yang dikembangkan oleh Google. Sehingga data kita akan aman dan dapat diambil atau diunduh dimana saja dan kapan saja walaupun computer, labtop atau flasdisk kita tertinggal dirumah bahkan seandainya perangkat tadi hilang semua sekalipun, file kita dijamin aman. Saya pribadi sangat suka menggunakan Google Drive karena sangat mudah diunduh dari smartphone dan sudah disediakan shortcut kusus di desktop smartphone merek apapun dan lebih menarik lagi data digoogle drive terintegrasi dengan Google Doc dan Google Chrome, jadi saya tidak perlu repot-repot upload file dari Google Doc ke Google Drive, karena file yang ada di Google Doc akan secara otomatis tersimpan di Google Drive.

Kapasitas penyimpanan file di google drive yang free adalah (15 GB). Dan untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan Google Drive untuk menyimpan file secara online di internet, cermatilah langkah – langkah beikut ini : 
  • Tetapi sebelumnya Anda harus memiliki email dari Google atau biasa kita sebut Gmail, jika belum punya silahkan buat dulu… 
  • Klik Baru > File Upload 
  • Klik tombol Baru yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih file upload dan selanjutnya pilih yang ingin Anda simpan secara online di internet. Perlu dicatat bahwa ukuran file maksimum yang diijinkan oleh Google adalah sebesar 15 GB. 
  • Pilih File yang akan disimpan, kemudian Klik Open. 
  • Tunggu sampai proses penyimpanan selesai.
  • Klik Kanan file yang sudah diupload tadi > Share atau bagikan.

  • Karena file yang kita upload secara defaultnya memiliki settingan privacy (untuk kita lihat sendiri ), maka kita perlu mengubahnya ke umum ( biar bisa dimanfaatkan orang lain) dan data kita tetap aman, dengan cara klik kanan file yang tadi diupload, lalu pilih Share atau bagikan kemudian klik lanjutkan. NB. Kalau tidak dishare ya tidak apa -2 untuk pribadi. 
  • Klik Ubah > Change > On Public Web

  • Lanjut, klik Ubah atau Change 
  • maka akan muncul 3 pilihan privasi file tersebut, pilihan pertama untuk umum public, kedua untuk siapa saja yang punya tautan dengan email kita, ketiga untuk orang tertentu saja silahkan Anda ganti sesuai dengan keinginan anda. Atau tidak usah dipilih semua hanya diri kita yang bisa melihatnya, Selanjutnya, klik Done atau simpan untuk menyimpannya. 
Selesai sudah, file sudah tersimpan secara online di internet dengan aman untuk selanjutnya bisa dikembangkan dan dikelola sendiri kalao ada masalah silahkan hubungi Whats App 085225160181 atas nama Pak Imam. Dikatakan aman karena sejauh ini saya belum pernah mendegar server dari Google Drive mengalami error atau semacamnya. 

SELAMAT MENCOBA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyimpan File Di Internet"

Posting Komentar