Search This Blog

Wali Kelas

Kalau anda seorang guru... pernahkah anda jadi wali kelas??? kapan pertama kali anda jadi wali kelas??? bagaimanakah rasanya jadi wali kelas ??? dan masih banyak pertanyaan - pertanyaan lain yang berhubungan dengan wali kelas, disinilah kami penulis akan menuangkan semua pengalamannya yang masih tersisa dari benak pikirannya saat jadi wali kelas untuk pertama dan mungkin untuk terakhir kalinya.

Hari ini aku tulis disini Ahad, 01 Oktober 2017 jam 03.30, tepatnya 16 bulan yang lalu diawal tahun ajaran baru 2016/2017 hari Senin tanggal 25 bulan juli 2016 saat pertama kali masuk dikelas XA jantungku berdetak terasa berbeda dari sebelumnya, begitu juga hatiku merasakan suatu rasa yang tak pernah aku rasakan sebelumnya, karena selama 17 tahun mengabdi sejak tahun 1999 sd 2003 ( sebagai petugas perpustakaan ) 2004 sd sekarang aku mendapatkan amanah sebagai guru dan pada awal tahun pelajaran ( 2016/2017) itulah pertama kalinya aku ditunjuk oleh kepala madrasah Ibu Dra. Hj. Sri Hidayati, M.Pd sebagai wali kelas di MA PPKP Darul Ma'la tepatnya di kelas XA, dan ini merupakan  pengalaman pertama kali aku sebagai wali kelas dan kemungkinan juga untuk terakhir kalinya ( emang serasa bagai mimpi dan tak akan mungkin terlupakan dalam sejarah hidupku ), karena setelah itu aku mendapat tugas baru sebagai operator Simpatika dan Finger Print di MA PPKP Darul Ma'la.


Kala itu... kulangkahkan kakiku untuk masuk kelas XA tak lupa aku panjatkan do'a kepadamu yaa Roobb..."bismillahirromanirrohim". Subhanallahh ... setelah aku didalam berdiri didepan mereka semua dan kuucapkan salam, serasa aku menahan senyum dengan teramat sangat, karena kulihat wajah2 imut, polos yang lucu2. hehehehe...


Dipertemuan pertama, aku mulai dengan memperkenalkan diriku kalau aku adalah wali kelas mereka selama setahun kedepan, seterunya kuperkenalkan siapa aku dari kecil hingga sampai saat itu ketika berdiri didepan mereka, tak lupa kuperkenalkan juga keluargaku terutama bidadari kecilku Zahra, dan terakhir pengalamanku sebagai seorang guru serta mengajar dimana saja aku.

Dipertemuan kedua, aku mulai membentuk struktur Organisasi kelas dan Jadwal Piket kebersihan dan berbagai hal yang ada hubungannya dengan kelas, yang paling berkesan pada saat memilih calon ketua kelas, ada salah satu diantara anakku yang putri, dengan keberanian, kecerdasan dan kesiapannya menyalonkan dirinya sebagai ketua kelas dan alhamdulillah akhirnya ia tepilih sebagai ketua kelas melalui voting suara, atas nama ANR dan dialah yang selama ini membantu aku mengkondisikan kelas dan dibantu pengurus kelas yang lainnya.
gambar 1
Struktur Kls XA 2016/2017

Haripun berlalu, berganti minggu, minggu berganti bulan, berbagai peristiwa menyenangkan, mengharukan bahkan menyebalkan selalu mewanai hari-hariku, karena kenakalan anak-anakku yang luar biasa dari telat setiap hari, tidak mau membayar iuran kelas, bolos, bahkan ada yang tidak bisa diam walaupun hanya sejenak, begitulah keunikan anak-anakku yang demikan itu menggambarkan bagaimana keseharianku besama mereka dan mungkinkah ini yang dinamakan keakraban seorang wali kelas beserta anak-anakanya.

Setiap hari, kalau ada anak yang telat pasti salah satunya adalah anakku, begitu juga pada saat pelajaran sedang berlangsung jika ada anak izin keluar kebelakang dan tak kembali lagi pasti diantara mereka juga ada anakku, begitulah gambaran anak - anakku yang cowok, benar-benar menguras energi  dan pikirankku, kenakalan mereka setiap hari semakin menjadi-jadi setiap aku dipanggil oleh kepala madrasah pasti karena mereka, sering aku berlari kesana kemari dari satu warung ke warung  yang lainnya karena olah mereka, tapi alhamdulillah masih ada juga anakku yang putra jadi teladan untuk yang lainnya, hingga ditahun pelajaran berikutnya dia terpilih sebagai ketua OSIM MA DARMA (1718) dan lebih hebat lagi dari semua kandidat ketua OSIM beserta pengurus, dapat dipastikan salah satu diantara mereka adalah anakku.

Berbagai macam perlombaan di classmeeting anak - anakku selalu unjuk kebolehannya tapi tak pernah satupun juara, mulai berpidato, menyanyi, futsal, volly, dan lain sebagainya, kecuali tarik tambang, memang kalau urusan dengan otot anak-anakku tiada tandingannya, salah satu diantara mereka ada yang lebih besar daripada "Tong" otomatis tenaganya juga luar biasa, yang paling aku sesalkan adalah ketika perlombaan kelas, aku terbentur dengan pekerjaan lain yang super - super sibuk yaitu ferivikasi itjen yang mengurus hampir 100 persen tenagaku, dan pengaktifan simpatika yang harus berulang dua kali sebelum regulasi dan sesudah regulasi, sehingga anak-anakku kurang perhatian yang menyebabkan mereka harus berjuang dan bekerja sendiri  seperti anak ayam yang kehilangan induknya, dalam menghadapi perlombaan kelas tersebut, sehingga juara kelas pun jauh dari harapan, maafkan aku wahai anak-anakku.

Diakhir semester gasal anakku bertambah satu anak dari 28 anak bertambah menjadi 29 anak, dialah Ayu Pardipta, akhirnya tanpa terasa bulanpun berlalu berganti tahun, tibalah saat penghujung perpisahan yaitu pembagian raport semester genap 1617 setelah itu berpisahlah kita semua menelususri jalan takdirnya sendiri- sendiri, mereka terpisah dan tersebar diberbagai kelas yang ada, ada satu impian mereka yang tidak bisa terwujud jalan - jalan bersama ataupun makan - makan bersama, itu terjadi karena betapa jauhnya rumahku dari MA DARMA, sekali lagi maafkanlah aku wahai anak - anakku, I Love and Dear You All Forever and terakhir kupanjatkan doa semoga kebahagiaan selalu menyertai kalian semua dan sukses selalu untuk kalian semua. Aamiinn

Sekian I Love Dear and Miss You Forever  XA 2016/2017 😍😍😍

Peringkat 21 sd 29 Kelas X A 2016/2017

Ucapan Ulang Tahun XA
Tarik Tambang Keluar Sebagai Juara I
Peringkat 1,2 dan 3 (dari kiri)


Peringatan Hari Kartini

Peringatan Hari Kartini 21 April 2016

gambar 1
Foto Bareng Setelah Pembagian Rapot Sem Genap





Subscribe to receive free email updates: