Cari Blog Ini

Etika Menulis Di Blog

gambar 1
Zahra Sedang Belajar Menulis
Berbicara tentang ngeblog atau disebut juga dengan blogging tidak bisa terlepas dari yang namanya menulis, karena sejatinya ketika kita berani masuk kedunia blogging mau tidak mau kita harus siap untuk menulis, namun perlu diketahui menulis bukanlah hal yang mudah baik bagi blogger senior maupun yunior ( pemula ). Seorang blogger memulai menulis diawali terlebih dahulu dari lahirnya sebuah ide atau sebuah gagasan yang mampu menginspirasi blogger untuk mengembangkannya menjadi sebuah tulisan baik itu berupa artikel, tips, puisi, curhat, tausiyah keagamaan atau mungkin sebuah karya ilmiah sekalipun. dan memang sudah menjadi rahasia umum untuk mengembangkan ide atau gaasan tadi menjadi sebuah tulisan bukanlah hal yang mudah, perlu kesabaran, ketekunan, wawasan yang luas, imaginatif yang tinggi, menguras sedikit tenaga and pikiran yang harus bisa diajak konsen pada topik yang akan ditulis kalau perlu persiapkan referensi - referensi ilmiah sekiranya diperlukan ketika sedang ngebloging.

Dan tak kalah penting yang perlu diperhatikan ketika menulis di blog adalah etika didalam menulis di blog itu sendiri, disinilah kami akan menjelaskan kepada kalian semua apa saja etika yang perlu diperhatikan ketika kita mau menulis diblog :
  • Hindari COPAS / copy paste, sedikit atau sejelek apapun tulisan kita hasil dari sebuah ide dari benak pikiran kita sendiri itu jauh - jauh lebih baik daripada bagus, panjang tapi hasil copas milik orang lain. 
  • Jangan menjelek - jelekkan orang lain dengan menyebut namanya, atau membicarakan aib keburukan orang lain diblog karena itu bisa jadi akan dibaca oleh banyak orang, dan berakibat tidak memberi manfaat malah menjadi dosa bagi blogger itu sendiri  karena termasuk ghibah.
  • Jangan sampai menulis informasi Hoak atau bohong tidak ada dasar ilmiahnya atau referensi kebenarannya baik sengaja maupun tidak sengaja, karena menulis bohong itu jauh lebih berbaya daripada bicara bohong, kalau kita bcara bohong hanya sekali didengar oleh orang lain tapi kalau kita menulis bohong bisa berakibat membohongi orang lain ratusan kali bahkan bisa beribu - ribu kali. 
  • Gunakan gambar bila diperlukan untuk diupload diblog gambar milik sendiri dengan menyertakan caption beserta propertisnye hindari ambil gambar dari internet karena kadang-2 gambarpun mempunyai hak cipta.
  • Hindari menulis dengan huruf besar semua karena itu tanda kau lagi marah, huruf besar hanya dipakai untuk awal nama seseorang, nama suatu tempat atau awal suatu kalimat. dll
  • Selamat Menulis  
by : artikelngawuryes.blogspot.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Etika Menulis Di Blog "

Posting Komentar