Cari Blog Ini

Cerdas Yang Manakah Kamu ...???

gambar 1
Multiple Intelegensi

Setiap kita manusia pasti memiliki kecerdasan yang berbeda antara satu sama lain, hanya cerdas yang mana kita, kadang - kadang kita sendiri tidak tahu...!!!

Oleh karena itu kenali kecerdasanmu... melalui teory yang dikemukakan oleh Dr Howard Gardner, menurut Gardner kecerdasan manusia bersifat multi dimensi ( Multiple Intelligensi ) dibagi menjadi 8 golongan yaitu sebagai berikut :

  1. Cerdas Bahasa ( Verbal / Linguistik Smart ) orang yang mempunyai kecerdasan ini cenderung mempunyai kemampuan yang lebih cepat untuk membaca, menulis, berdiskusi, berargumentasi dan berdebat.
  2. Cerdas motorik atau gerak ( Kinesthetik Smart ) kemampuan atau kecerdasan seseorang yang ada hubungannya dengan gerak dan keseimbangan, berbakat sekali menjadi pembalap, sopir dsb. 
  3. Cerdas Bergaul ( Interpersonal Smart ) Kemampuan atau kecerdasan dalam bergaul dengan orang lain, berorganisasi, memimpin, kepekaan sosial yang tinggi, negosiasi, kemampuan bekerjasama, mempunyai empati yang tinggi. 
  4. Cerdas Music ( Musical Smart ) Kemampuan menciptakan lagu, membentuk irama, mendengarkan nada dari sumber bunyi atau alat music. 
  5. Cerdas Gambar ( Visual/Spasial Smart ) kemampuan menggambar, mendesain, memotret dan membuat patung. 
  6. Cerdas Angka ( Logikal Smart ) Kemampuan berpikir logis, memecahkan masalah, berhitung dan bernalar. 
  7. Cerdas diri ( Intrapersonal Smart ) kemampuan mengenal diri sendiri secara mendalam, memotivasi diri untuk selalu menjadi lebih baik, suka menyendiri, sensitif terhadap nilai diri dan tujuan hidup. 
  8. Cerdas Alam ( Naturalist Smart ) Kemampuan meneliti gejala-gejala alam, mengklasifikasi, mengidentifikasi.
Kecerdasan ini dapat ditemukan dari diri seseorang melalui metode Discovering Ability yang berarti Proses untuk menemukan kemampuan atau kecerdasan seseorang. Perlu diketahui setelah kecerdasan seseorang ditemukan, agar tercapai kondisi akhir yang maksimal atau prestasi puncak, perlu dukungan dari keluarga serta kondisi lingkungan yang kondusif dan selaras dengan kecerdasan yang dimiliki seseorang...

Dalam arti apabila anak mempunyai kecenderungan kecerdasan bersifat ( Kinesthetik Smart ) kecerdasan gerak dan keseimbangan, sangat cocok diarahkan untuk menjadi seorang pembalap, serta dapat dukungan penuh dari keluarga serta lingkungan, yang selaras sesuai kecerdasan yang dimiliki anak  tersebut, misal satu keluarga sama - sama pembalap atau lingkungan yang gemar dan mengidolakan figur pembalap, maka anak tadi bisa mencapai Prestasi Puncak dalam hidupnya sebagai seorang pembalap Contoh Valintino Rossi dari Italia atau Rio Haryanto dari Indonesia yang mana satu keluarga sama - sama sebagai pembalap.

Alhamdulillah ... dari teory yang dikemukakan oleh Gardner ini ...  penulis menemukan kalau dirinya cenderung memiliki sedikit kemampuan dibidang Intrapersonal Smart atau kemampuan untuk mengenal diri sendiri, dari sinilah penulis mampu memotivasi dirinya untuk selalu berubah menjadi yang lebih baik dan terakhir selalu berkarya dalam menulis sehingga memberi manfaat pada orang lain...

Lalu... Cerdas yang manakah kamu ... ???



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerdas Yang Manakah Kamu ...???"

Posting Komentar